Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Lelang Pelabuhan Batuampar Terbit Bulan Ini

Badan Pengusahaan (BP) Batam berencana mengumumkan hasil lelang Pelabuhan Batuampar dengan nilai investasi sebesar Rp 2 triliun pada Maret 2016.
Bisnis.com, JAKARTA--Badan Pengusahaan (BP) Batam berencana mengumumkan hasil lelang Pelabuhan Batuampar dengan nilai investasi sebesar Rp 2 triliun pada Maret 2016.
 
Purnomo Andiantono, Direktur Humas dan Promosi BP Batam, mengungkapkan jajarannya tengah menunggu kepastian dari tim panitia lelang. 
 
"Lagi nunggu panitia internal. Lagi dibicarakan. Harusnya Maret tahun ini," ungkapnya saat dihubungi Bisnis, Kamis (17/3).
 
Ini merupakan lelang kedua setelah sebelumnya BP Batam gagal melakukan lelang karena sebelumnya peminat yang mendaftar hanya dua peserta.
 
Sementara itu, dua peserta merupakan ketentuan minimum peserta dalam lelang sehingga akhirnya BP Batam memutuskan untuk mengulang lelang. 
 
Padahal, dia menuturkan investor internasional yang menyampaikan minatnya untuk mengoperasikan Pelabuhan Batuampar sangat banyak. Minat asing tersebut datang dari Korea Selatan, China dan Perancis. 
 
Namun, dia mengungkapkan investor asing tersebut tidak bisa serta merta masuk menjadi operator karena mereka diwajibkan memiliki izin BUP sehingga BP Batam mengharapkan mereka berniat menjalin kerjasama dengan partner lokal. 
 
Saat ini, BP Batam telah membangun dermaga pelabuhan tersebut sehingga panjangnya telah mencapai hampir 1 Km dari sebelumnya 300 m. 
 
Jika operatornya telah ditentukan berdasarkan hasil lelang, maka mereka diwajibkan melakukan investasi alat seperti crane dan lain sebagainya.
 
"Investasinya untuk membuat gantry crane, relnya sudah  dibangun. Kemudian mereka harus melakukan pendalaman alur dan mengembangkan container yard," paparnya. 
 
Pelabuhan bongkar muat Batuampar dikembangkan sejak 2012 ini nantinya dapat melayani peti kemas sekitar 900.000 per tahun. 
 
Berdasarkan konsepnya, dia mengatakan pelabuhan ini akan menjadi pelabuhan alih kapal atau transhipment peti kemas.
 
Adapun pengembangan Pelabuhan Batuampar dilakukan sambil menunggu kepastian pengembangan Pelabuhan Tanjung Sauh yang kenyataannya tidak lagi mampu menampung arus peti kemas di wilayah ini. 
 
Sebelumnya, PT Pelindo I diketahui pernah menyatakan minat untuk mengikuti lelang operator pelabuhan tersebut.
 
Namun, Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana mengungkapkan dirinya belum dapat memastikan keikutsertaan perusahaan.
 
"Saya belum tahu. Lihat nanti," ujarnya awal bulan ini di Kantor Kemenhub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper