Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Kualifikasi & Perlindungan, Arebi Dorong Seluruh Broker Bergabung

Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) mengajak seluruh pelaku usaha broker untuk bergabung dalam asosiasi guna meningkatkan kualifikasi dan memperoleh perlindungan lebih pasti terhadap profesi.n
Perumahan baru/bisnis.com
Perumahan baru/bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) mengajak seluruh pelaku usaha broker untuk bergabung dalam asosiasi guna meningkatkan kualifikasi dan memperoleh perlindungan lebih pasti terhadap profesi.

Ketua DPD Arebi DKI Jakarta Lukas Bong mengatakan, Arebi sudah berdiri sejak 1992 dan menjadi satu-satunya asosiasi broker properti resmi. Arebi beranggotakan badan usaha resmi yang kini sudah sekitar 800 badan usaha, dengan 390 di antaranya di DKI Jakarta.

Sejak awal tahun ini, kalangan broker juga sudah memiliki Lembaga Sertifiaksi Profesi Broker Properti sehingga lebih siap untuk bersaing di era Masyarakat Ekonomi Asean.

“Keuntungan menjadi anggota Arebi adalah networking luas, co-broking antar anggota, training dan seminar, menjadi lebih profesional, menangani bersama primary project, komisi lebih besar, perlindungan hukum dan menjunjung kode etik Arebi,” katanya, Rabu (16/3/2016).

Untuk meningkatkan profesional dan kualitas kalangan broker, sepanjang tahun ini Arebi menyelenggarakan berbagai kegiatan, antara lain roadshow dengan berbagai tema dan basic training untuk broker yang saat ini sudah angkatan ke 12.  

“Kita berikan pelatihan mulai dari nol, untuk broker yang baru direkrut yang bahkan tidak paham dasar-dasar penjualan,” katanya.

Menurutnya, selama ini banyak broker yang dihargai murah untuk jasa profesinya. Padahal, pemerintah melalui Peraturan Menteri Perdagangan No.33/M-DAG/PER/8/2008 telah mengatur tentang batas minimal komisi sebesar 2% dari nilai penjualan produk. Di Arebi, seluruh anggota berhak atas komisi minimal 2,5%.

Arebi sudah bekerja sama dengan Real Estate Indonesia (REI) sebagai organisasi kalangan pengembang agar kerjasama profesional lebih terjamin. Arebi juga sudah merintis kerjasama dengan lawyer untuk memayungi anggota dengan hukum yang pasti.

Pasalnya, profesi broker rawan menemui berbagai masalah hukum. Anggora Arebi dijamin dengan perlindungan hukum dengan biaya yang rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper