Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waduk Gondang Siap Aliri Sragen Karanganyar Akhir 2017

Pemerintah menargetkan pembangunan waduk Gondang di Karanganyar Jawa Tengah bisa tuntas pada akhir tahun depan. Kendati, perkembangan saat ini baru mencapai 24%.nn
Presiden Joko Widodo/Reuters-Yuri Gripas
Presiden Joko Widodo/Reuters-Yuri Gripas

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah menargetkan pembangunan waduk Gondang di Karanganyar Jawa Tengah bisa tuntas pada akhir tahun depan. Kendati, perkembangan saat ini baru mencapai 24%.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan waduk Gondang yang berada di Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar akan mengairi daerah irigasi kurang lebih 4.800 hektar baik yang berada di Karanganyar maupun di Sragen. Dari jumlah itu, 80% berada di wilayah Sragen sehingga daerah itu bisa dialiri.

"Yang kita harapkan nanti akhir tahun depan, kerja pagi siang malam, tiga shift, Insya Allah ini selesai," kata Presiden Joko Widodo seperti dikutip dari keterangan resmi yang dikeluarkan oleh Tim Komunikasi Presiden, Jumat (11/3/2016).

Jokowi mengatakan waduk Gondang merupakan salah satu dari beberapa waduk yang tengah dikerjakan pemerintah. Dia menilai dengan diselesaikannya pembangunan waduk tersebut maka diharapkan bisa meningkatkan hasil pertanian di kedua wilayah itu.

Dia menargetkan akan membangun 8 waduk pada tahun ini yang merupakan bagian dari rencana pembangunan 49 waduk/bendungan selama masa pemerintahannya. "Tahun kemarin waduk dibangun 13, tahun ini 8, dan masih sisa 28 lagi yang akan dikerjakan. Ada yang selesai 2 tahun, 2,5 tahun, dan 4 tahun tergantung besarnya waduk," katanya.

Adapun, 8 waduk/bendungan yang dibangun pada tahun ini adalah waduk Rukoh di Aceh, waduk Sukoharjo di Lampung, waduk Kuwil Kawangkoan di Sulawesi Utara, waduk Ladongi di Sulawesi Tenggara, waduk Ciawi di Jawa Barat, waduk Sukamahi di Jawa Barat, waduk Leuwikeris di Jawa Barat, dan waduk Cipanas di Jawa Barat.

Sementara, 13 waduk/bendungan yang dibangun pada 2015 adalah waduk Raknamo di Kupang Nusa Tenggara Timur, waduk Pidekso di Wonogiri Jawa Tengah, waduk Logung di Kudus Jawa Tengah, waduk Lolak di Bolaang Mongondow Sulawesi Utara, waduk Kuereto di Aceh, waduk Passaloreng di Wajo Sulawesi Selatan, waduk Tanju dan Mila di Dompu Nusa Tenggara Barat, waduk Bintang Bano di Sumbawa Barat NTB, waduk Kairan di Lebak Banten, waduk Tapin di Tapin Kalimantan Selatan, waduk Rotikold di Belu-NTT, dan waduk Telagajawa di Karangasem Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper