Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INFO HAJI: Menteri Agama Luncurkan Siskopahat, Ini Manfaatnya

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meluncurkan Sistem Komunikasi Petugas Haji Terpadu (Siskopahat) Kantor Urusan Haji Indonesia (KUHI). Rilis sistem komunikasi antar petugas haji ini dilakukan di KUHI Jeddah, Kamis (10/3/2016).
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kanan) /kemenag.go.id
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kanan) /kemenag.go.id

Bisnis.com, JEDDAH - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meluncurkan Sistem Komunikasi Petugas Haji Terpadu (Siskopahat) Kantor Urusan Haji Indonesia (KUHI). Rilis sistem komunikasi antar petugas haji ini dilakukan di KUHI  Jeddah, Kamis (10/3/2016).

“Saya sangat senang dengan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh rekan-rekan di KUHI dalam memantau para petugas di lapangan yang pada akhirnya dapat memperbaiki pelayanan kita kepada Jemaah haji Indonesia,” kata Menag seperti dikutip situs resmi Kemenag.

Menurutnya, inovasi semacam ini  penting untuk didukung. Selain sejalan dengan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama (inovatif),  sistem ini juga didukung aplikasi yang dapat membroadcast instruksi, mengendalikan aktifitas para petugas, serta memonitor pelaksanaan tugas mereka di lapangan.

Menandai peluncurannya, Menag mencoba sistem komunikasi yang akan digunakan para petugas haji pada musim haji tahun ini. “Diinstruksikan kepada seluruh petugas yang ada di lapangan agar segera mengecek kembali perintah yang diberikan tadi pagi jam 8 dan melaporkannya,” tulis Menag dalam simulasi yang dipandu oleh petugas dari KUHI dan teknisi dari PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin) Saudi Arabia.

Instruksi yang disampaikan Menag, masuk dalam inbox para petugas,  baik Jeddah maupun Makkah. Hal ini terlihat dari  layar yang terpampang dalam aula serbaguna KUHI. Di saat yang sama, termonitor di dashboard indicator keberadaan para petugas di lapangan.

Staf Teknis Haji I KUHI Ahmad Dumyathi Bashori menjelaskan sistem ini merupakan pengembangan dari SMS Center yang diresmikan Menag tahun lalu. Sistem komunikasi ini mempunyai kemampuan yang diperlukan oleh para pimpinan Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) di saat operasional, yakni memetakan tugas, tanggung jawab dan lokasi petugas secara sistematis dan komprehensif. Juga kemampuan mengendalikan dan mengkoordinasi dari posko, dan menampilkan posisi dan lokasi riil petugas lapangan berbasis GPS dan Google Maps.

“Sistem yang ada sekarang ini dengan kemampuan tiga besar tadi diharapkan dapat mengoptimalkan kinerja para petugas di lapangan,” jelas Dumyathi.

Saat peluncuran Siskopahat turut hadir diantaranya Konsulat Jenderal Dharmakirty Syeilendra Putra, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil, Direktur Telin Saudi Dzulyaden Hasbi, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Untung Suseno Sutardjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper