Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelaku Industri Alkes Siap Masuk ke Sektor Hulu

Bisnis.com, JAKARTA Pelaku industri alat kesehatan nasional siap masuk ke sektor hulu industri tersebut, khususnya dalam pengembangan logam berstandar produk kesehatan.
Ilustrasi/razoritehealth.com
Ilustrasi/razoritehealth.com

Bisnis.com, JAKARTA – Pelaku industri alat kesehatan (alkes) nasional siap masuk ke sektor hulu industri tersebut, khususnya dalam pengembangan logam berstandar produk kesehatan.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Hubungan Luar Negeri Gabungan Perusahaan Alat Kesehatan dan Laboratorium (Gakeslab) Budi Prasetio mengatakan, bahwa untuk pengembangannya, pelaku usaha akan bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Kami sedang berusaha menghasilkan produk-produk baru. Kebetulan tahun ini Kementerian Perindustrian akan membuka keran pembiayaan untuk ITB, untuk riset dan pengembangan,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (10/3/2016).

Dia mengatakan, bahwa selama ini pelaku usaha cukup kesulitan dalam melakukan penelitan dan pengembangan, khususnya yang berkaitan dengan metal.

Menurutnya, jika hasil pengembangan tersebut berjalan sesuai rencana, akhir tahun nanti akan ada produk baru yang dapat diluncurkan.

“Produknya belum bisa diinformasikan sekarang. Yang pasti upayakan membangun industri alkes yang bahan dasarnya metal, bisastainless steel atau baja lain. Komponen elektroniknya masih akan tetap impor,” ujarnya

Dia menjelaskan, bahwa pengembangan metal tersebut akan dilakukan oleh industri alkes, yang dinilai memahami standar keamanan dan keselamatan sesuai dengan Cara Produksi Alat Kesehatan yang Baik (CPAKB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Shahnaz Yusuf
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper