Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

XL Bagikan 500 Perangkat mFish ke Nelayan Balikpapan

PT XL Axiata Tbk. membagikan 500 perangkat pendukung aplikasi layanan digital XL mFish, sebuah aplikasi informasi mengenai laut dan ikan, kepada para nelayan di Kota Balikpapan.
Kampung nelayan. /Antara
Kampung nelayan. /Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN—PT XL Axiata Tbk. membagikan 500 perangkat pendukung aplikasi layanan digital XL mFish, sebuah aplikasi informasi mengenai laut dan ikan, kepada para nelayan di Kota Balikpapan.

“Pada Rabu dan Kamis kami bagikan 250 perangkat untuk nelayan di Kampung Baru, sisanya akan kami bagikan di Manggar pada 4-5 Maret, hari ini dan besok,” tutur Regional Sales Manager XL Axiata Kaltim Hurry Amar Sidqi, Jumat (4/3/2016).

mFish merupakan aplikasi yang dapat memberikan informasi mengenai kelautan dan perikanan, meliputi informasi cuaca, keberadaan plankton, harga ikan, hingga informasi ketinggian ombak pada hari itu juga.

Para nelayan yang menggunakan aplikasi ini juga dapat melaporkan informasi mengenai dugaan atau tindakan pencurian ikan dan pengambilan ikan secara ilegal kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Hurry mengatakan XL membuat aplikasi khusus nelayan itu dengan harapan dapat meningkatkan hasil tangkapan para nelayan. Disamping itu, XL juga ingin bersinergi dengan program kementerian terkait dan membuka akses digital kepada masyarakat yang membutuhkan.

Adapun bantuan perangkat aplikasi mFish yang diberikan XL antara lain; smartphone, kartu sim XL, solar charger atau pengisi baterai bertenaga sinar matahari, tas kering, dan kabel data. Semua perangkat itu dapat langsung digunakan sebagai pemandu aktifitas penangkapan ikan.

Hurry mengatakan nelayan yang menerima paket bantuan mFish memperoleh biaya paket data gratis selama sebulan. “Kami menggandeng Institut Teknologi Kalimantan untuk pembinaan dan pendampingan selama enam bulan. Sekaligus untuk menjaga tingkat efektifitasnya,” tutup Hurry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper