Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Kawasan Industri di Jabar Jadi Contoh Kemudahan Berinvestasi

Lima kawasan industri di Jawa Barat menjadi lokasi pilot project fasilitas kemudahan investasi langsung konstruksi dari Badan Koordinasi Penanaman Modal.
Ilustrasi kawasan industri/Jabarprov.go.id
Ilustrasi kawasan industri/Jabarprov.go.id

Bisnis.com, BANDUNG - Lima kawasan industri di Jawa Barat menjadi lokasi pilot project fasilitas kemudahan investasi langsung konstruksi dari Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Dari lima kawasan industri itu, tiga di antaranya berada di Karawang dan dua lainnya di Bekasi. Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Jawa Barat Dadang Masoem mengatakan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sebelumnya mengusulkan 25 kawasan industri, tapi akhirnya Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memilih lima setelah proses seleksi.

"Dengan kemudahan ini, tiga jam setelah persyaratan keluar investor bisa langsung bangun," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (17/2/2016).

Dadang melanjutkan jika investor memenuhi beberapa persyaratan, seperti nilai investasi di atas Rp100 miliar dan memiliki seribu tenaga kerja, maka prosesnya akan dipermudah.

Kawasan industri yang dipilih untuk tahap awal ini antara lain Kawasan Industri MM2100 milik PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk. (BEST), Delta Silicon kepunyaan PT Lippo Cikarang Tbk. (LPCK), Kawasan Industri GT Park, serta Suryacipta City of Industry milik PT Surya Semesta Internusa Tbk. (SSIA).

Rencananya, peluncuran fasilitas Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK) akan dilakukan pada 22 Februari 2016 oleh Presiden Joko Widodo dan BKPM. Secara total, terdapat 14 kawasan industri dari seluruh Indonesia yang terpilih menjadi pilot project.

Selain Jawa Barat, provinsi yang terlibat antara lain Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anissa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper