Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gandakan Kapasitas, Steadfast Marine Gelontorkan Rp150 Miliar

PT Steadfast Marine, perusahaan galangan kapal nasional, tengah mengandakan kapasitas industri galangannya di Pontianak, Kalimantan Barat, dengan mengelontorkan dana senilai Rp150 miliar.
Galangan kapal/Ilustrasi
Galangan kapal/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Steadfast Marine, perusahaan galangan kapal nasional, tengah mengandakan kapasitas industri galangannya di Pontianak, Kalimantan Barat, dengan mengelontorkan dana senilai Rp150 miliar.

Eddy K. Logam, Komisaris Utama PT Steadfast Marine, mengungkapkan dana tersebut dianggarkan dalam belanja modal atau capital expenditure tahun lalu, tetapi realisasinya masih bergulir hingga saat ini.

“Kita sudah memperluas area galangan kapal kita menjadi 6 hektare [ha] dari sebelumnya 3 ha sehingga bisa menampung 35.000 gross ton per tahun atau 16-20 kapal,” ujarnya, Senin (15/2/2016).

Dia menambahkan perusahaan membeli satu unit CNC atau alat potong plat otomatis sehingga kini Steadfast Marine telah memiliki dua unit CNC.

Selain itu, perusahaan juga membeli forklift dan bending machine untuk plat dan pipa. Ke depannya, Eddy menuturkan perusahaan akan membeli crane berkapasitas 150 ton untuk mengangkat blok kapal.

Yang paling penting, Steadfast Marine akan melakukan instalasi peranti lunak, production management software dan 3D piping system. Eddy berharap dengan investasi peningkatan kapasitas galangannya sejalan dengan adanya kesinambungan pembangunan kapal.

Saat ini, dia mengaku pemesanan pembangunan kapal didominasi seluruhnya oleh pemerintah yang selama tahun lalu mulai gencar menganggarkan dana untuk pengadaan kapal negara.

“Misalnya pemerintah menganggarkan pembangunan 2.000 kapal, tidak semuanya dilakukan tahun ini. Tetapi, bertahap,” paparnya.

Dengan tahapan yang berkesinambungan, maka investasi peningkatan kapasitas galangan kapal tidak akan sia-sia. Awal tahun ini, Steadfast Marine akan memulai pengerjaaan enam unit kapal latih pesanan BPSDM Kementerian Perhubungan dengan ukuran 1.200 gross ton.

Herry Subandrio, Direktur PT Steadfast Marine, mengungkapkan kapal latih ini akan dipakai oleh siswa atau kadet dari sekolah pelayaran milik pemerintah.

Sebenarnya, lanjutnya, kapal ini dibangun untuk keperluan ganda. Selain untuk latihan, jika ada musim liburan seperti Lebaran, kapal latih ini juga bisa dikerahkan untuk keperluan penumpang dan barang.

Secara keseluruhan, Steadfast Marine tahun lalu meraih kontrak pembangunan 13 unit kapal dari pemerintah. Kontrak pembangunan kapal ini dilakukan dengan skema multiyears.

Menurut Eddy, nilai kontrak 13 unit kapal ini mencapai sekitar Rp800 miliar. Kapal tersebut terdiri dari, 5 unit kapal perintis (2.000 GT), 2 unit kapal perintis (1.000 GT), dan 6 unit kapal latih (1.200 GT). Tahun ini, perusahaan menargetkan raihan kontrak pembangunan 5-6 unit kapal dari pemerintah.

Selama ini, perusahaan telah berhasil membangun kapal-kapal berjenis tug boat, crew boat, utility boat, self propelled oil barge, light tanker, anchor handling tug, dredger dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper