Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PWI Targetkan 7.000 Wartawan Ikuti Uji Kompetensi

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menargetkan 7.000 wartawan alias jurnalis mengikuti uji kompetensi wartawan pada 2016.
Ilustrasi/Thenewspaperworks
Ilustrasi/Thenewspaperworks

Bisnis.com, MATARAM - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menargetkan 7.000 wartawan alias jurnalis mengikuti uji kompetensi wartawan pada 2016.

Ketua PWI Pusat, Margiono, mengatakan, uji kompetensi menjadi prioritas organisasi sehingga harus mendapat dukungan seluruh pengurus provinsi PWI.

"Kami maklumi beberapa pengurus PWI di daerah menemui kendala menyelenggarakan uji kompetensi, yakni pendanaan tetapi sudah menjadi tanggungjawab pengurus mencari solusi," kata Margiono, pada rapat kerja PWI serangkaian Hari Pers Nasional, di Mataram, NTB, Minggu (7/2/2016).

Mataram menjadi tuan rumah peringatan puncak Hari Pers Nasional 2016. TNI AL juga mendukung dengan menggelar pelayaran KRI Makassar-590 rute Surabaya-Mataram, sebagai lokasi berbagai seminar dan lokakarya terkait Hari Pers Nasional 2016 itu.

Bagi PWI, kata Margiono, uji kompetensi penting untuk memastikan wartawan anggota PWI memiliki kapasitas sebagai sosok yang pantas dan mumpuni untuk menyandang profesi kewartawanan.

Data PWI, hingga 2015 sudah tercatat 5.363 orang dinyatakan kompeten sebagai jurnalis, yang dibagi menjadi tiga kategori, yaitu wartawan muda, wartawan madya, dan wartawan utama.

Jumlah 5.363 wartawan yang lulus uji kompetensi wartawan itu masih jauh dari jumlah wartawan anggota PWI sebanyak 14.000 orang.

Sejak menjadi lembaga penguji pada 2011, PWI sudah menyelenggarakan 170 kali ujian dengan tingkat kelulusan peserta 85%. Tiga daerah mendapat apresiasi dari PWI Pusat atas penyelenggaraan uji kompetensi wartawan, yakni Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Lampung.

"Secara umum UKW terselenggara atas dukungan dari pemerintah daerah dan pemangku kepentingan karena menginginkan wartawan profesional dan menjunjung tinggi etika," kata Margiono.

Ketua PWI Jawa Timur, Munir mengatakan PWI harus menjalin kemitraan dengan pihak lain untuk membantu penyelenggaraan uji kompetensi. "Bisa meminta dukungan pemerintah daerah atau pihak lain yang tidak mengikat," kata Munir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper