Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Listrik Padam 6 Jam, Warga Makassar: PLN Tidak Becus!

Pemadaman listrik yang dilakukan PT PLN Sulselrabar selama enam jam lebih di sejumlah wilayah di Kota Makassar dan Kabupaten sekitarnya membuat warga marah dan mengeluhkan kinerja perusahaan negara tersebut.
Krisis listrik/Ilustrasi
Krisis listrik/Ilustrasi

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemadaman listrik yang dilakukan PT PLN Sulselrabar selama enam jam lebih di sejumlah wilayah di Kota Makassar dan Kabupaten sekitarnya membuat warga marah dan mengeluhkan kinerja perusahaan negara tersebut.

"PLN ini sudah tidak becus mengurusi listrik, hampir semua tempat mati lampu dan listrik padam. Kalau seperti ini terus pelanggan dirugikan," tutur Taslim Suarman warga Barukang Raya, Kecamatan Ujungtanah, di Makassar, Jumat (5/2/2016).

Menurut dia, bila PLN terus memonopoli sistem kelistrikan dan pengelolaannya tidak profesional, seharusnya pemerintah membuka ruang bagi pengusaha untuk memprivatisasi listrik karena sudah beberapa kali pemadaman dilakukan mengingat listrik menjadi kebutuhan penting.

"Kalau saya secara pribadi sudah saatnya listrik itu dikelola swasta seperti di negara lain. Ini sudah tidak benar, dan banyak kerugian. Bayangkan enam jam listik padam. Lalu PLN hanya meminta maaf tapi tidak memberikan kompensasi bagi pelanggannya," keluh pria yang berprofesi sebagai pengacara itu.

Sedangkan Iqbal warga jalan Ujungpadang Baru, Kecamatan Tallo menyatakan, listrik baru aktif sekitar pukul 21.40 WITA dari pemadaman sebelumnya pukul 15.50 Wita, tentu pemadaman dikatakan bergilir itu keterlaluan.

"Kata pihak PLN di media tidak ada lagi pemadaman sejak dua hari lalu dan akan normal, namun terbukti itu tidak sesuai fakta masih saja mati lampu. Bukan pemadaman bergilir tapi menyala yang bergilir," paparnya aktivis UMI ini.

Pemadaman listrik diketahui hampir merata di sejumlah titik di Kota Makassar dan sekitarnya bahkan meluas ke berbagai kabupaten. Bahkan berdasarkan pantauan sejumlah restoran, daerah perkantoran termasuk Rumah Sakit serta objek vital aktivitas menjadi tergangu.

Arus kendaraan juga terlihat semberaut di beberapa titik jalan protokol Makassar. Hal itu diakibat tidak berfungsinya traffick light (lampu merah). Sejumlah polisi lalu lintas terlihat sibuk mengatur kendaraan, bahkan aparat TNI terlihat turun ke jalan membantu.

Sementara itu, Kepala Humas PT PLN Sulselrabar Rosita Zulkarnaen mengaku pemadaman listrik dilakukan karena ada kegagalan isolasi pada Pemutus Tenaga (PMT) 150 KV Hybrid Insulation System (HIS) Trafo 60 MVA pada Gardu Induk Tallo Lama.

Dirinya membenarkan pemadaman dimulai pukul 15.50 WITA, sehingga pemadaman meluas dari berbagai titik. Tetapi beberapa daerah kabupaten tidak padam seperti Pinrang, Polmas, Majene, Mamuju dan sebagian Enrekang.

"Petugas PLN terus berupaya menormalkan kembali sistem interkoneksi Sulselbar dari pukul 16.00 WIYA. Untuk Makassar pemulihan sub terus dilakukan secara bertahap. Diperkirakan akan normal kembali pukul 23.00 WITA," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper