Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lintasan Merak-Bakaheuni Diprediksi Naik 8%, ASDP Siapkan 46 Kapal

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengantisipasi lonjakan pengguna jasa penyeberangan di lintasan Merak-Bakauheni pada libur panjang akhir pekan ini yang bertepatan dengan Tahun Baru Imlek 2567, Senin (8/2).
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 04 Februari 2016  |  18:11 WIB
Antrean kendaraan di lintasan Merak-Bakauheni yang ingin berjejal masuk ke kapal feri milik ASDP. - Antara
Antrean kendaraan di lintasan Merak-Bakauheni yang ingin berjejal masuk ke kapal feri milik ASDP. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengantisipasi lonjakan pengguna jasa penyeberangan di lintasan Merak-Bakauheni pada libur panjang akhir pekan ini yang bertepatan dengan Tahun Baru Imlek 2567, Senin (8/2/2016).

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Christine Hutabarat mengatakan perseroan telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi terjadinya lonjakan pengguna jasa dikarenakan libur panjang akhir pekan ini bersamaan dengan momen Tahun Baru Imlek.

"Perkiraan kami, arus penumpang dan kendaraan akan meningkat mulai Jumat (5/2) sore. Diperkirakan, arus penumpang alami kenaikan 6%, dan kendaraan sekitar 8%," katanya, Kamis (4/2/2016).

Diharapkan, pengguna jasa dapat lebih bijak mengatur waktu keberangkatan agar perjalanan lebih lancar dan nyaman, karena tidak menumpuk di suatu waktu dan menimbulkan kemacetan.

GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Tommy L. Kaunang mengatakan, akan menerapkan pola operasi layanan kapal seperti Hari Raya Lebaran. Meski prediksi trafik penumpang dan kendaraan tidak signifikan, ASDP tetap antisipasi semaksimal mungkin.

"Kami serius, karena tidak ingin kecolongan seperti kasus angkutan Natal dan Tahun Baru lalu, dimana terjadi kemacetan panjang mulai dari akses tol hingga ke dalam pelabuhan," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, ASDP juga menyiagakan kapal berukuran besar untuk mengantisipasi cuaca ekstrim yang melanda sejumlah perairan di Indonesia. Di Merak sendiri, kondisi curah hujan dalam beberapa hari ini cukup tinggi.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario S Oetomo mengatakan, dari total 52 unit kapal yang berada di lintasan Merak-Bakauheni, sekitar 46 unit kapal yang siap beroperasi.

Adapun, enam unit kapal masih berstatus docking. "Namun, untuk operasional normal, 28 unit kapal saja yang kami operasikan saat ini," sebutnya.

Terkait cuaca buruk, PT ASDP juga telah mengantisipasinya, dengan menyiapkan tug boat untuk membantu kapal ketika sulit sandar atau keluar dermaga.

Untuk menjaga kelancaran arus penumpang dan kendaraan, PT ASDP juga mengerahkan seluruh personil yang berada di kantor agar membantu pengaturan arus di lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asdp
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top