Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Proyek KA Jakarta-Bandung Kemahalan, JK "Blak-blakan" Kritik China

Pemerintah meminta China memverifikasi nilai kontrak megaproyek kereta cepat rute Jakarta-Bandung yang dikabarkan jauh lebih mahal dibanding nilai investasi proyek serupa di Iran.
Lavinda
Lavinda - Bisnis.com 28 Januari 2016  |  18:12 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan pembiayaan kereta cepat Jakarta-Bandung akan dibiayai dari utang luar negeri. - JIBI
Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan pembiayaan kereta cepat Jakarta-Bandung akan dibiayai dari utang luar negeri. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia meminta China memverifikasi nilai kontrak megaproyek kereta cepat rute Jakarta-Bandung yang dikabarkan jauh lebih mahal dibanding nilai investasi proyek serupa di Iran.

Hal itu disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Duta Besar China Xie Feng saat keduanya bertemu di Kantor Wakil Presiden Jalan Merdeka Utara, Kamis (28/1/2016).

"Saya juga tadi sampaikan ke Dubes China untuk meminta verifikasi lebih lanjut atas informasi itu. Dia akan janji untuk itu [memeriksa fakta terkait nilai proyek]," paparnya di Kantor Wakil Presiden, Kamis (28/1/2016).

Saat ini, investor asal Negeri Tirai Bambu China Railway Engineering Corporation menjalin kerja sama dengan konsorsium infrastruktur milik negara untuk membangun proyek kereta cepat rute Jakarta-Bandung sepanjang 142 Kilometer (Km).

Megaproyek tersebut diperkirakan menelan dana investasi mencapai US$5,58 miliar.

Nilai investasi itu jauh lebih tinggi dari dana proyek kereta cepat di Iran. Dengan jarak rel mencapai 400 km, proyek kereta cepat rute Teheran menuju Isfahan itu hanya membutuhkan dana senilai US$2,73 miliar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kereta Cepat
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top