Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Kalbar Dapat Bantuan Kementan 1.000 Ekor Sapi Australia

Ilustrasi/Antara-Rosa Panggabean
Ilustrasi/Antara-Rosa Panggabean

Bisnis.com, PONTIANAK - Kepala Dinas Peterakan Provinsi Kalimantan Barat, Abdul Manaf mengatakan, tahun ini daerah itu mendapatkan bantuan 1.000 ekor sapi jenis Brahman dari Australia yang merupakan bantuan dari Kementrian Peternakan.

"Tahun ini kita mendapatkan bantuan 1.000 ekor sapi dari Kementrian Peternakan dan akan kita bagikan untuk lima daerah di Kalbar," kata Manaf, Sabtu (9/1/2016).

Adapun rincian daerah yang akan mendapatkan bantuan sapi tersebut antara lain, Kabupaten Sintang 200 ekor, Sanggau 200 ekor, Sambas 200 Ekor, Ketapang 200 ekor dan Kubu Raya 200 ekor.

"Pengembangbiakan ini akan kita integrasikan dengan perkebunan sawit yang ada ditengah masyarakat. Karena pada bantuan-tahun sebelumnya, kita melihat pengembangbiakan sapi yang diintegrasikan dengan perkebunan sawit sangat baik sekali hasilnya," tuturnya.

Manaf menjelaskan, ternak sapi di kebun sawit merupakan satu program telah dilakukan pihaknya sejak tahun 2013 lalu, untuk mewujudkan swasembada daging sapi di Kalimantan Barat.

Sejauh ini, pihaknya juga sudah bekerja sama dengan para pengusaha perkebunan, untuk mewujudkan program beternak sapi di bawah kebun sawit ini.

"Kita sudah ada kesepakatan kerja sama dengan para pengusaha perkebunan sawit, untuk menyediakan lahan kebun sawitnya bagi usaha peternakan sapi," katanya.

Dia menjelaskan, program beternak sapi di bawah kebun sawit, akan memiliki manfaat simbiosis mutualisme yang cukup banyak. "Sisa-sisa kelapa sawit dapat dijadikan pangan bagi sapid an kotoran sapi dapat menjadi pupuk bagi sawit," kata Manaf.

Ia berharap, para pengusaha perkebunan sawit dapat menyediakan bibit-bibit sapi bagi para kelompok peternakan yang akan beternak sapi bawah kebun sawit.

Selain melalui program ternak sapi di bawah kebun sawit, pihaknya juga akan menyalurkan bibit sapi kepada para kelompok peternak yang mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan bibit sapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper