Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cegah Pencurian, AP II Lakukan Pembenahan Bandara Soetta

PT Angkasa Pura II (Persero) mulai menerapkan sejumlah langkah pembenahan untuk mencegah berulangnya kejadian pencurian barang di bagasi penumpang.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 06 Januari 2016  |  23:15 WIB
Bagasi. -
Bagasi. -

Bisnis.com, TANGERANG--PT Angkasa Pura II (Persero) mulai menerapkan sejumlah langkah pembenahan untuk mencegah berulangnya kejadian pencurian barang di bagasi penumpang.

Salah satunya adalah rencana penerapan sistem perpindahan bagasi dari manual menjadi bagasi otomatis (baggage handling system/BHS). Perubahan itu bakal diterapkan di terminal 3 pada pertengahan tahun ini.

"Pembenahan pelayanan terkait bagasi penumpang pesawat saat ini masih menjadi fokus utama kami. Selain melibatkan pihak internal, pembenahan juga melibatkan pihak eksternal," kata Presiden Direktur Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi di Tangerang, Rabu (6/1/2016).

BHS sudah berlaku di Bandara Kualanamu, Balikpapan, dan Ngurah Rai Bali. Bandara Balikpapan dan Ngurah Rai Bali berada di bawah pengawasan AP I, sedangkan Bandara Kualanamu berada dalam pengawasan AP II.

Pemindahan bagasi dari manual ke otomatis tersebut diharapkan dapat meminimalisir interaksi petugas bandara dengan bagasi penumpang.

Pembenahan juga melibatkan transformasi pengelolaan taksi gelap, penambahan jumlah trolley, memperketat perekrutan porter, dan penambahan jumlah kamera pengawas (closed circuit television/cctv). "Khusus taksi gelap, pengelolaannya sudah di bawah Induk Koperasi Angkatan Udara [Inkopau]," tukasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara soekarno-hatta
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top