Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IKM Alas Kaki Masih Terhadang Pengembangan Merek

Pengembangan merek nasional untuk produk alas kaki menghadapi tantangan tersendiri terkait manajemen bisnis agar produk yang diproduksi IKM tersebut mampu bersaing di pasar.

Bisnis.com, JAKARTA – Pengembangan merek nasional untuk produk alas kaki menghadapi tantangan tersendiri terkait manajemen bisnis agar produk yang diproduksi IKM tersebut mampu bersaing di pasar.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Euis Saedah mengatakan bahwa dari sisi teknis dan kualitas, sepatu produksi Indonesia tidak kalah dengan produk internasional. Namun pihaknya masih merancang konsep agar manajemen industri nasional tersebut bisa berjalan dengan baik.

“Yang paling kritis adalah manajemen bisnisnya. Banyak perusahaan yang produknya tidak terlalu istimewa tapi manajemen, tim kreatif, marketing dan publikasinya bagus. Itu harus jadi satu, bukan sekadar investasi dan jual. Sehingga produk itu bisa jadi suatu identitas,” ujarnya baru-baru ini (22/12/2015).

Dia mengatakan, saat ini sudah ada tiga nama produk yang akan diluncurkan oleh Kemenperin yakni Equator, Kakatua dan Krakatau. Diperkirakan merek sepatu pria Equator akan lebih dahulu diluncurkan pada tahun depan.

“Saya minta supaya Maret sudah ada. Rencananya akan ada festival IKM yang berbasis kewilayahan. Jadi nanti kita bisa meluncurkan brand-nya di situ,” katanya.

Lebih lanjut Euis mengatakan bahwa produk tersebut akan menyasar konsumen menengah atas dengan harga produk minimal Rp1,5 juta per pasang. “Tapi untuk produksi pertama kita akan beri diskon 70%, itu strategi marketingnya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Shahnaz Yusuf
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper