Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Antisipasi TKA Ilegal, Kemenaker Tingkatkan Koordinasi Dengan Kemenkumham

Kementerian Ketenagakerjaan akan meningkatkan koordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM dalam mengantisipasi maraknya tenaga kerja asing (TKA) ilegal.
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 22 Desember 2015  |  18:10 WIB
Tenaga kerja asing. - aniinstrument.com
Tenaga kerja asing. - aniinstrument.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan akan meningkatkan koordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM dalam mengantisipasi maraknya tenaga kerja asing (TKA) ilegal.

"Solusinya tidak ada lagi selain meningkatkan koordinasi dan pengawasan. Ini sudah dan terus kami lakukan," kata kata Dirjen Pembinaan dan Pengawasan Kementerian Ketenagakerjaan Muji Handaya, Selasa (22/12/2015).

Pemerintah menduga arus TKA ilegal akan semakin marak setelah diberikannya bebas visa untuk 84 negara tambahan. Dengan demikian, hingga saat ini terdapat 174 negara yang diberikan bebas visa kunjungan.

Muji mengakui selama ini fasilitas bebas visa sering digunakan baik oleh perusahaan maupun perorangan dalam mempekerjakan warga negara asing tanpa prosedural.

Hal ini menjadi tantangan bagi pemerintah, terlebih akhir bulan nanti mobilitas tenaga kerjua lintas negara akan semakin deras seiring implementasi Masyarakat Ekonomi Asean. "Bebas visa itu bagus tapi risikonya juga besar. Ini yang terus kami cari antisipasinya," tegasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tka kemenkumham
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top