Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hilangkan Hambatan Investasi, Pebisnis Desak Pengesahan RTRW Riau

Bisnis.com, PEKANBARU - Pengusaha di Riau meminta pemerintah untuk segera mengesahkan rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) Provinsi Riau untuk menghilangkan ketidakpastian dalam investasi.

Ketua Dewan Pimpinan Provinsi Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPP Apindo) Provinsi Riau Wijatmoko Rah Trisno mengatakan ketidakjelasan RTRW Riau sudah jelas melemahkan investasi ke daerah itu.

"Jelas sangat berpengaruh, kami akui memang sudah ada perjuangan dari pemda untuk pengesahan ini tetapi belum berhasil," katanya kepada Bisnis, Minggu (20/12/2015).

Wijat mengatakan pengusaha sangat membutuhkan kepastian khususnya menyangkut lahan dan wilayah dalam menanamkan modalnya di suatu daerah.

Tetapi di Riau dengan tidak adanya kejelasan RTRW, pengusaha lebih memilih menahan rencana pengembangan usaha sampai ada kejelasan tentang regulasi itu.

Akibatnya nilai investasi atau modal yang masuk ke Riau terus menurun dibandingkan periode sebelumnya.

"Jadi kalau sekarang pemda merilis nilai investasi di Riau anjlok tentu ada banyak variabel penyebab yang salah satunya adalah ketidakjelasan RTRW," katanya.

Selain masalah itu, Wijatmoko juga mengatakan penyebab lesunya investasi ke Riau yaitu karena lesunya perekonomian global dan nasional, hingga belum stabilnya pemerintahan daerah berjalan pasca bencana kabut asap dan assessment pejabat tinggi pemda setempat.

Sebelumnya pemprov merilis data investasi yang masuk ke Riau sampai saat ini tercatat Rp12 triliun atau sekitar 60% dari target 2015 senilai Rp18,5 triliun.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah Provinsi Riau Ismaili Fauzi mengatakan nilai investasi itu adalah data hingga triwulan III/2015 yang masuk ke pihaknya.

"Kalau untuk data keseluruhan 2015 ini nanti laporannya masuk ke kami sekitar Januari 2016," katanya.

Hingga akhir 2015 ini, pihaknya masih optimistis nilai investasi yang masuk ke Riau akan mencapai target.

Dari laporan pihaknya, sektor usaha yang paling diminati oleh pebisnis di Riau masih dipegang sektor perkebunan.

Selain itu sektor yang juga mendatangkan investasi besar bagi Riau yaitu bisnis pulp and paper, salah satunya dari grup usaha APRIL atau PT RAPP yang menanamkan modal senilai lebih dari Rp4 triliun saat membangun pabrik kertas baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper