Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

SURVEI BI: Optimisme Konsumen Terhadap Perekonomian 6 Bulan Mendatang Menguat

Bank Indonesia menyebut optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan mendatang terindikasi menguat.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 02 Desember 2015  |  19:18 WIB
Kantor Bank Indonesia - Ilustrasi/Bisnis
Kantor Bank Indonesia - Ilustrasi/Bisnis
Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia menyebut optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan mendatang terindikasi menguat.
 
Berdasarkan Survei Konsumen yang dipublikasikan Bank Indonesia, hal tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) pada November 2015 yang tercatat 114,8 atau naik 3,6 poin dari bulan sebelumnya.
 
"Meningkatnya IEK November 2015 didorong oleh peningkatan pada seluruh komponen pembentuknya," tulis Bank Indonesia seperti yang dikutip Bisnis.com, Rabu (2/12/2015).
 
Indeks ekspektasi ketersediaan lapangan kerja pada 6 bulan mendatang tercatat naik 4,4 poin dari bulan sebelumnya menjadi 96,8 dengan peningkatan indeks tertinggi terjadi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp1 juta hingga Rp2 juta.
 
Sejalan dengan peningkatan tersebut, indeks ekspektasi kegiatan usaha dan indeks ekspektasi penghasilan juga meningkat masing-masing 4,2 poin dan 2,1 poin.
 
Peningkatan indeks ekspektasi kegiatan usaha tertinggi terjadi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp1 juta hingga Rp2 juta per bulan.
 
"Sementara peningkatan indeks ekspektasi penghasilan tertinggi terjadi pada kelonpok responden dengan tingkat pengeluaran lebih dari Rp5 juta per bulan," tulis Bank Indonesia.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kepercayaan konsumen survei bi
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top