Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FESTIVAL DANAU TOBA: Tahun Depan, Sumut Siapkan Anggaran Rp3 Miliar

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatra Utara berencana menyiapkan alokasi APBD untuk Festival Danau Toba sebesar Rp3 miliar, naik dari alokasi 2015 sebesar Rp2 miliar.

Bisnis.com, MEDAN - Pada tahun depan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatra Utara berencana menyiapkan alokasi APBD untuk Festival Danau Toba sebesar Rp3 miliar, naik dari alokasi 2015 sebesar Rp2 miliar.

Kepala Disbudpar Sumut Elisa Marbun mengatakan penambahan alokasi anggaran tersebut untuk meningkatkan kualitas persiapan hingga penyelenggaraan festival tahunan tersebut.

"Pada tahun ini harus kami akui kendala utama adalah anggaran. Seharusnya pemkab di tujuh kabupaten juga mempersiapkan, tapi tidak ada yang siap dari sisi anggaran. Namun penyelenggaraan Festival Danau Toba harus terus dilanjutkan. Oleh karena itu, kami berkomitmen agar tahun depan lebih baik lagi," paparnya, Senin (16/11/2015).

Selain menyiapkan tambahan alokasi anggaran, Disbudpar Sumut juga telah menyiapkan calon tuan rumah festival. Elisa menyebutkan telah menyurati ketujuh pemkab agar berlomba menyiapkan diri menjadi tuan rumah.

"Paling tidak menyiapkan tempat, karena anggaran sudah ada. Beberapa sudah menyatakan siap seperti Tapanuli Utara. Ke depan, kami sudah merancang berbagai perubahan alokasi anggaran untuk mengangkat pariwisata Sumut. Danau Toba ini kami siapkan menjadi salah satu ikon pariwisata Indonesia yang besar, khususnya untuk sport tourism," tambah Elisa.

Adapun, pada penyelenggaraan Festival Danau Toba 2015 di Karo pada 19-22 November 2015, Elisa hanya menargetkan jumlah kunjungan wisatawan domestik 55.000 orang dan wisatawan mancanegara 1.000 orang.

Sementara itu, peningkatan pendapatan hanya 10% dari tahun lalu Rp10 miliar.

Adapun, beberapa acara unggulan dalam Festival Danau Toba 2015 yakni karnaval fesyen yang akan diikuti oleh 600 orang peserta, tari tradisional massal dengan 300 orang penari, serta berbagai kompetisi seperti renang, binaraga, vokal solo, paduan suara dan Solu Bolon. Lomba Solu Bolon adalah kompetisi balap perahu khas Toba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper