Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Sepuluh Produk Nonmigas Banten Turun 7,68%

Ekspor nonmigas Provinsi Banten untuk sepuluh produk andalan selama Januari – September tahun ini turun 7,68%.
Ilustrasi: Industri baja/Bisnis.com
Ilustrasi: Industri baja/Bisnis.com

Bisnis.com, TANGERANG—Ekspor nonmigas Provinsi Banten untuk sepuluh produk andalan selama Januari – September tahun ini turun 7,68%.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten Syech Suhaimi menyebutkan realisasi ekspor sampai dengan bulan ke sembilan tahun ini tercatat US$4,90 miliar. Sementara periode yang sama tahun lalu mencapai US$5,31 miliar.

“Secara year on year artinya turun US$408,14 juta untuk sepuluh golongan barang utama itu,” katanya mengutip data BPS, Kamis (12/11/2015).

Perdagangan sepuluh barang utama dari Banten ke luar negeri menyumbang 71,34% terhadap total ekspor nonmigas provinsi ini.

Selebihnya setara US$1,97 miliar disumbang dari komoditas lain sehingga kumulatif ekspor nonmigas sampai dengan September berjumlah US$6,87 miliar.

Dari sepuluh produk tersebut, lima yang berkontribusi paling besar ialah golongan barang alas kaki; plastik dan barang dari plastik; tembaga; bahan kimia organik; serta besi dan baja. Porsi masing-masing komoditas ini terhadap perolehan ekspor sebesar 26,33%, 7,44%, 6,57%, 5,07%, dan 5,96%.

“Ekspor nonmigas sepuluh golongan barang mengalami penurunan pada tujuh komoditas kecuali alas kaki, mesin/peralatan listrik, serta besi dan baja [Januari – September yoy],” tutur Suhaimi.

Ekspor alas kaki tercatat US$1,81 miliar sampai dengan bulan kesembilan. Jumlah ini setara dengan kenaikan 10,7%. Untuk ekspor mesin dan peralatan listrik terkumpul US$280,55 juta, tumbuh 1,67%. Sementara besi dan baja ekspornya US$409,94 juta meningkat 19,87%.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper