Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUMAH PERUMNAS: Pacu Suplai, Perumnas Siapkan Rp1,5 Triliun

Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas) menyiapkan belanja modal Rp1,5 triliun untuk dapat membangun 25.000 unit rumah pada tahun depan
Perumnas siapkan dana Rp1,5 triliun./.
Perumnas siapkan dana Rp1,5 triliun./.

Bisnis.com, JAKARTA— Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional  menyiapkan belanja modal Rp1,5 triliun untuk dapat membangun 25.000 unit rumah pada tahun depan.

Direktur Utama Perum Perumnas Himawan Arief Sugoto menuturkan, per Oktober perusahaan baru membangun 14.000 unit hunian, baik dalam bentuk rumah tapak maupun vertikal. Sampai akhir tahun, dia memperkirakan bisa mengembangkan hingga 20.000 unit.

Himawan optimis pada tahun depan bisa mengembangkan sekitar 25.000 unit. Untuk merealisasikannya, Perumnas menyiapkan belanja modal (capital expenditure) sebesar Rp1,5 triliun.

“Alokasinya Rp300 miliar untuk pembelian lahan, selebihnya untuk pengembangan dan modal kerja. Kami masih menghitung ulang karena PMN (Penyertaan Modal Negara)ditunda,” tuturnya.

Untuk memacu pencapaian target, perusahaan bekerjasama dengan BUMN lainnya yang memiliki lahan potensial, seperti PTPN II dan Perhutani. Pada lahan PTPN II di Nusa Bekala, Sumatera Utara seluas 850 hektare, Perumnas berencana mengembangkan kota baru yang menyediakan 35.000 unit rumah.

Kooperasi dalam hal pengadaan lahan selanjutnya, sambung Himawan, bisa ditempuh melalui kesepakatan dengan BUMN lain dalam pemanfaatan tanah operasional, seperti dengan PT Kereta Api Indonesia, Jasa Marga, dan PPD.

Kerja sama tersebut mencakup pengembangan berkonsep Transit Oriented Development (TOD), dimana pemukiman bisa dekat dengan jalur transportasi publik sekitar stasiun, terminal, hingga jalan tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper