Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PRODUK IMK: Produksi Logam Dasar di Banten Susut Paling Parah

Kinerja produksi manufaktur skala mikro dan kecil (IMK) di Provinsi Banten selama triwulan III/2015 turun 1,63% secara year on year.

Bisnis.com, TANGERANG—Kinerja produksi manufaktur skala mikro dan kecil (IMK)  di Provinsi Banten selama triwulan III/2015  turun 1,63% secara year on year.

Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan kinerja produksi industri manufaktur sedang dan besar yang tumbuh 2,40%. Di setor IMK ada tiga bidang usaha yang mendorong terjadinya penurunan produksi, yaitu logam dasar, pengolahan kulit dan alas kaki, serta pakaian jadi.

Badan Pusat Statistik (BPS) Banten melansir penurunan produks industri logam dasar 17,64%; industri pengolahan kulit, barang dari kulit, dan alas kaki minus 16,30%; sedangkan industri pakaian jadi 13,71%.

Kepala BPS Banten Syech Suhaimi menyebutkan kendati demikian tetap ada industri yang mengalami pertumbuhan, di antaranya pengolahan minuman serta bahan kimia dan barang dari bahan kimia. “Minuman minus 24,48%, kimia turun 21,39%,” katanya, Rabu (4/11/2015).

Sementara itu dalam kurun waktu triwulanan kondisinya serupa, ada penurunan 1,30% dibandingkan triwulan kedua tahun ini.  Industri pakaian jadi menjadi sektor IMK yang mengalami penyusutan produksi terparah sebesar 6,65%.

Suhaimi menjelaskan sektor yang produksinya tumbuh terutama dialami tiga bidang. Pertama industri minuman meningkatn 29,51%, kedua percetakan dan reproduksi media rekaman 15,44%, serta ketiga industri barang galian nonlogam sebesar 9,52%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper