Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Darurat Restorasi Gambut, Pemerintah Gelar Konferensi Internasional Pekan Ini

Sebagai tindak lanjut penanganan kebakaran hutan yang melanda nusantara, pemerintah berencana menggelar konferensi internasional mengenai upaya restorasi lahan gambut pada pekan ini.
Lahan gambut. /cwacwa
Lahan gambut. /cwacwa

Bisnis.com, JAKARTA--Sebagai tindak lanjut penanganan kebakaran hutan yang melanda nusantara, pemerintah berencana menggelar konferensi internasional mengenai upaya restorasi lahan gambut pada pekan ini.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, atas arahan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pemerintah akan mengundang para ahli kehutanan serta ahli lain yang dapat memberi solusi terkait persoalan pemulihan lahan gambut.

"Wapres mengarahkan hal yang sangat strategis ke depan, kita akan segera melakukan konferensi internasional untuk restorasi gambut,"katanya, Senin (26/10/2015).

Berdasarkan hasil pertemuan dengan para ahli tersebut, pemerintah akan menyusun perencanaan ilmiah dan langkah-langkah yang akan ditempuh untuk memulihkan lingkungan.

Dia memperkirakan restorasi lahan akan berlangsung dalam kurum 3-5 tahun ke depan.

Nantinya, penggunaan teknologi kimia untuk menanggulangi kebakaran hutan akan mendapat perhatian lebih dalam. Upaya pemadaman akan berjalan seimbang dengan operasi kemanusiaan dan upaya restorasi di masa mendatang.

Selain itu, sambungnya, pemerintah akan meminta dunia internasional turut berpartisipasi dalam merestorasi lahan gambut, mengingat Indonesia merupakan pemilik lahan gambut terluas di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lavinda

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper