Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Eastkal Supply Base Siap Kelola Pusat Logistik Berikat

PT Pelabuhan Penajam Banua Taka (Eastkal Supply Base), anak usaha PT Astratel Nusantara, menegaskan kesiapannya memulai penyelenggaraan fasilitas Pusat Logistik Berikat di Balikpapan setelah mengucurkan dana investasi total Rp150 miliar.

Bisnis.com, JAKARTA—PT Pelabuhan Penajam Banua Taka (Eastkal Supply Base), anak usaha PT Astratel Nusantara, menegaskan kesiapannya memulai penyelenggaraan fasilitas Pusat Logistik Berikat  di Balikpapan setelah mengucurkan dana investasi total Rp150 miliar.

Arya N. Soemali, Direktur PT Astratel Nusantara yang merupakan anak usaha Grup Astra, mengatakan pusat logistik berikat (PLB) yang akan segera dituangkan dalam PP No.32 Tahun 2009 merupakan suatu terobosan untuk pelaku usaha, termasuk di sektor minyak dan gas.

“Rencana pemerintah untuk mendirikan PLB di Kalimantan Timur bagi sektor migas tidak hanya akan memberikan efisiensi pada biaya logistik di sektor ini, tapi juga secara lansgung akan mendukung upaya meningkatkan lifting migas nasional,” ujarnya, Kamis (15/10).

Melihat peluang ini, Eastkal Supply Base (ESB) siap untuk menjadi pusat logistik berikat bagi yang melayani kebutuhan ketersediaan alat produksi di sektor minyak dan gas bumi.

Perlu diketahui, Astratel mengakuisisi ESB pada 2013 senilai Rp650 miliar. Sementara itu, sepanjang 2013-2015, perusahaan melakukan penyempurnaan Pelabuhan Eastkal dengan membenamkan investasi sebesar Rp150 miliar hingga ESB memiliki sarana dan prasarana yang lengkap.  

Menurut Arya, ESB sudah siap secara sarana dan prasarana mulai dari gudang tertutup seluas 12.100 meter persegi, IT inventory dengan modul kepabeanan, crane, forklift, dan lapangan penumpukan seluas 42.000 meter persegi.

Bahkan, yang paling penting, ESB telah memiliki SK Menteri Keuangan yang menetapkan perusahaan sebagai kawasan pabean.

Untuk itu, Direktur ESB Billy P. Kadar menegaskan, perusahaan sudah mampu memenuhi tujuh poin prasyarat pendirian PLB dari Dirjen Bea Cukai.

“Tujuh poin itu rasanya sudah tercapai. Area kolam kita bisa jadi parkir rig,” ujarnya. Saat ini, Billy mengaku di Pelabuhan Eastkal ada satu rig yang tengah diparkir dalam rangka perbaikan. Rig ini adalah rig yang telah selesai dipakai oleh Total ESP. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper