Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Remitansi TKI Harus Digunakan Untuk Investasi

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid meminta agar remitansi TKI digunakan untuk kepentingan investasi agar mempunyai nilai tambah untuk pembangunan di pedesaan.

Bisnis.com, JAKARTA -- Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid meminta agar remitansi TKI digunakan untuk kepentingan investasi agar mempunyai nilai tambah untuk pembangunan di pedesaan.

"Sebab sebagian besar keluarga TKI berasal dari pedesaan, dibutuhkan dana segar masyarakat diaspora dan TKI untuk membangun daerah asal," katanya dalam siaran pers yang diterima, Selasa (11/8/2015).

Saat ini, tercatat ada 6 juta WNI yang bekerja di luar negeri dan berkontribusi memberikan remitansi sebesar US$8,4 miliar per tahun. Sedangkan total investasi asing hanya US$16 miliar. Artinya, kontribusi TKI merupakan separuh dari nilai investasi asing yang masuk ke Indonesia.

Namun selama ini uang TKI lebih banyak digunakan untuk hal-hal yang konsumtif, sehingga kecenderungannya TKI yang telah menyelesaikan kontrak kerja ingin terus memperpanjang masa kerja di negara penempatan.

"Untuk itu, pemerintah hadir memberikan pendampingan dan pemberdayaan agar uangnya bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi di desa dan digunakan untuk kepentingan investasi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper