Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Remitansi TKI Harus Digunakan Untuk Investasi

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid meminta agar remitansi TKI digunakan untuk kepentingan investasi agar mempunyai nilai tambah untuk pembangunan di pedesaan.
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 11 Agustus 2015  |  18:38 WIB
Remitansi TKI Harus Digunakan Untuk Investasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid meminta agar remitansi TKI digunakan untuk kepentingan investasi agar mempunyai nilai tambah untuk pembangunan di pedesaan.

"Sebab sebagian besar keluarga TKI berasal dari pedesaan, dibutuhkan dana segar masyarakat diaspora dan TKI untuk membangun daerah asal," katanya dalam siaran pers yang diterima, Selasa (11/8/2015).

Saat ini, tercatat ada 6 juta WNI yang bekerja di luar negeri dan berkontribusi memberikan remitansi sebesar US$8,4 miliar per tahun. Sedangkan total investasi asing hanya US$16 miliar. Artinya, kontribusi TKI merupakan separuh dari nilai investasi asing yang masuk ke Indonesia.

Namun selama ini uang TKI lebih banyak digunakan untuk hal-hal yang konsumtif, sehingga kecenderungannya TKI yang telah menyelesaikan kontrak kerja ingin terus memperpanjang masa kerja di negara penempatan.

"Untuk itu, pemerintah hadir memberikan pendampingan dan pemberdayaan agar uangnya bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi di desa dan digunakan untuk kepentingan investasi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

remitansi perlindungan tki
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top