Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jalur Kereta Api Trans Sumatra Ditargetkan Tuntas 2019

Jalur kereta api Trans Sumatra dipastikan akan terealisasi pada 2019 dan salah satu rutenya menghubungkan Sumatra Selatan dengan provinsi lain.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 10 Agustus 2015  |  17:08 WIB
Bantalan jalur kereta api.  - Bisnis.com
Bantalan jalur kereta api. - Bisnis.com

Bisnis.com, PALEMBANG – Jalur kereta api Trans Sumatra dipastikan akan terealisasi pada 2019 dan salah satu rutenya menghubungkan Sumatra Selatan dengan provinsi lain.

Executive Vice President PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Sumsel, Wawan Ariyanto, mengatakan saat ini proyek jalur Trans Sumatra itu sedang masuk dalam proses studi trase.

“Sekarang lagi studi trase dan pemerintah menargetkan proyek Trans Sumatra ini nyambung pada 2019,” katanya, Senin (10/8/2015).

Menurut Wawan, PT KAI selaku operator siap mendukung proyek jalur kereta api itu sehingga meningkatkan kemudahan moda transportasi bagi masyarakat di Sumatra.

Dia memaparkan saat ini baru terdapat tiga rute kereta api yang tersambung langsung antar provinsi, yaitu Aceh – Sumatra utara, Sumatra Barat, dan Sumatra Selatan – Lampung.

Wawan mengemukakan melalui Trans Sumatra, rute Sumsel akan bertambah dengan tersambung provinsi lain, yaitu Sumsel – Jambi dan Sumsel – Sumut.

“Sepertinya untuk tahap awal ini akan tersambung langsung ke Jambi dahulu, baru nanti bisa Palembang – Medan,” katanya.

Selain menunggu realisasi jalur KA Trans Sumatra, Wawan menambahkan, saat ini pihaknya juga tengah fokus membangun jalur ganda (double track) di rute—rute yang ada di Divre III.

Dia mengatakan terdapat sejumlah double track yang rampung pada tahun ini, seperti Prabumulih – Kertapati, Cempaka – Giham dan Martapura – Baturaja.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

trans sumatra jalur kereta api KA trans sumatra
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top