Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SURVEI BANK INDONESIA: Keyakinan Konsumen Melorot

Bank Indonesia menyatakan meskipun masih dalam level optimis, tingkat keyakinan konsumen pada Juli 2015 melemah dibandingkan bulan sebelumnya.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 04 Agustus 2015  |  18:24 WIB
Ilustrasi - ipb.ac.id
Ilustrasi - ipb.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia menyatakan meskipun masih dalam level optimis, tingkat keyakinan konsumen pada Juli 2015 melemah dibandingkan bulan sebelumnya.

Berdasarkan Survei Konsumen Bank Indonesia yang dipublikasikan pada Selasa (4/8/2015), hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juli 2015 sebesar 109,9, turun 1,4 poin dari bulan sebelumnya.

Pelemahan IKK tersebut didorong oleh penurunan pada kedua komponen pembentuknya, yaitu Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).

"IKE dan IEK yang masing-masing turun sebesar 1,5 poin dari bulan sebelumnya," demikian seperti dikutip dari situs Bank Indonesia.

Hasil survei juga mengindikasikan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga semakin menurun pada Oktober 2015.

Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang turun 17,6 poin dari bulan sebelumnya menjadi 144,4.

"Penurunan tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi pada semua kelompok komoditas, dengan penurunan terbesar terjadi pada kelompok bahan makanan dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

survei konsumen
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top