Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Revitalisasi Terminal Penumpang, Pelindo IV Makassar Siapkan Rp27,45 Miliar

PT Pelabuhan Indonesia IV mengalokasikan anggaran sebesar Rp27,45 miliar untuk pengerjaan revitalisasi terminal penumpang Pelabuhan Makassar tahap kedua.
Pelindo IV. /Bisnis.com
Pelindo IV. /Bisnis.com

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia IV mengalokasikan anggaran sebesar Rp27,45 miliar untuk pengerjaan revitalisasi terminal penumpang Pelabuhan Makassar tahap kedua.

Anggaran tersebut akan digunakan untuk lanjutan pengerjaan fisik terminal penumpang serta sejumlah fasilitas tambahan agar memberikan kenyamanan bagi pengguna jasa moda transportasi laut.

Adapun, proses revitalisasi secara menyeluruh terminal penumpang Pelabuhan Makassar telah dilakukan perseroan sejak 2014, di mana saat ini telah tersedia lounge (ruang tunggu) representatif, fasilitas garbarata dan eskalator untuk akses penumpang.

Pada revitalisasi tahap awal , pengerjaan fisik difokuskan pada lantai 2 terminal penumpang dengan mengubah secara signfikan ruang tunggu maupun interior dengan nuansa modern.

Corporate Secretary Pelindo IV Abdul Rahman mengemukakan terminal penumpang Pelabuhan Makassar merupakan bagian revitalisasi fasilitas pelabuhan kelolaan perseroan secara menyeluruh.

"Pembenahan tidak hanya dilakukan untuk fasilitas bongkar muat barang atau petikemas, tetapi kita juga secara simultan membenahi terminal penumpang pelabuhan kelolaan," katanya, Kamis (30/7/2015).

Dia menjelaskan, terminal penumpang Pelabuhan Makassar memiliki luas mencapai 1.360 meter persegi dan ditargetkan proses revitalisasi secara menyeluruh rampung pada semester I/2016.

Adapun untuk pengerjaan tahap kedua, anggaran sebesar Rp17 miliar bakal dialokasikan untuk renovasi bangunan terkhusus untuk lantai 1 serta pembenahan fasilitas lainnya.

Selain itu, perseroan juga menganggarkan Rp7,35 miliar untuk membangun area komersil pedagang kaki lima sehingga aktivitas di Terminal Penumpang tidak terganggu.

Jembatang penghubung atau connecting bridge juga bakal dibangun perseroan yang megintegrasikan terminal penumpang dengan area komersil dengan alokasi investasi mencapai Rp3,1 miliar.

Secara keseluruhan, investasi revitalisasi terminal penumpang tahap II mencapai Rp27,45 miliar yang diestimasi mampu memberikan kenyamanan dan kelancaran pergerakan penumpang kapal laut di Pelabuhan Makassar.

Selain di Makassar, kata Rahman, revitalisasi terminal penumpang juga dilakukan secara bertahap pada sejumlah pelabuhan kelolaan Pelindo IV di wilayah timur Indonesia, di antaranya, terminal penumpang di Pelabuhan Ambon, Fakfak, Mando serta Bitung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper