Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ARUS BALIK: Tol Cikampek Arah Jakarta Macet

Pertemuan arus kendaraan dari Tol Cipali dan Cipularang memicu kemacetan di Tol Cikampek arah Jakarta pada H+5 perayaan Idul Fitri 1436 Hijriyah.
Ilustrasi suasana pintu tol Cikampek saat arus balik dan arus mudik Lebaran./Antara-Rosa Panggabean
Ilustrasi suasana pintu tol Cikampek saat arus balik dan arus mudik Lebaran./Antara-Rosa Panggabean

Bisnis.com, JAKARTA -  Pertemuan arus kendaraan dari Tol Cipali dan Cipularang memicu kemacetan di Tol Cikampek arah Jakarta pada H+5 perayaan Idul Fitri 1436 Hijriyah.

Berdasarkan pantauan Antara di ruas Tol Cikampek, Rabu, kemacetan tampak mulai terurai setelah memasuki kilometer (km) 51 atau sekitar Karawang Timur.

Guna mengurai kepadatan arus balik kendaraan yang terjadi antara km 51 hingga km 73, PT Jasa Marga memberlakukan contraflow (sebelah kanan) di km 65 hingga km 61+300 arah Dawuan ke Jakarta.

Sebelumnya antrian sekitar 300 hingga 400 meter tampak terjadi di gerbang Tol Cikarang Utama arah Jakarta sekitar pukul 16.00 WIB. Selepas pintu Tol Cikarang Utama menuju Cawang terpantau ramai lancar.

Kepadatan di ruas Tol Jakarta-Cikampek menuju Jakarta juga dipicu oleh panjangnya antrian di sejumlah "rest area". Berdasarkan informasi dari pihak PT Jasa Marga kepadatan di Tol Cikampek sempat berimbas hingga Tol Cipali.

Kepadatan di ruas Tol Jakarta-Cikampek di H+5 perayaan Idul Fitri kali ini membuat kendaraan hanya dapat dipacu pada kisaran kecepatan lima hingga 20 km per jam.

Kemacetan arus balik juga terjadi di H+4 Lebaran 2015 di ruas Tol Jakarta-Cikampek menuju Jakarta. Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat, juga sempat melakukan pengalihan arus lalu lintas menyusul terjadinya kepadatan hingga mengakibatkan kemacetan di jalan tol ini.

"Lonjakan kendaraan pada arus balik lebarn sudah mulai terjadi pada H+4 lebaran ini. Kami melakukan pengalihan arus saat jalan Tol Jakarta-Cikampek padat," kata Kapolres setempat AKBP Daddy Hartadi.

Pengalihan arus itu dilakukan di beberapa titik yakni di jalan Tol Jakarta-Cikampek serta di simpang Jomin. Untuk pengalihan di jalan tol, petugas mengalihkan kendaraan yang menuju Jakarta untuk keluar melalui gerbang Tol Karawang Timur.

Setelah keluar gerbang Tol Karawang Timur pengendara bisa melewati jalan arteri Karawang hingga jalan arteri Bekasi. Kemudian bisa mengambil jalan arteri Bekasi itu menuju Jakarta.

Kapolres mengaku sudah melakukan pengalihan arus tersebut, karena sudah terjadi kemacetan cukup panjang di jalan Tol Jakarta-Cikampek. Sehingga sejak Selasa pagi hingga menjelang malam (21/7), arus lalu lintas di jalan arteri Karawang padat.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper