Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KECELAKAAN MAUT: Ternyata Bus Rukun Sayur Lolos Uji Kir

Bus Rukun Sayur yang mengalami kecelakaan di ruas tol Palikanci (Palimanan-Kanci) ternyata sudah menjalani uji kelaikan atau kir. Terakhir kali, bus tersebut diuji pada 8 Juli 2015 dan dinyatakan dalam kondisi bagus.
Newsroom
Newsroom - Bisnis.com 16 Juli 2015  |  16:25 WIB
KECELAKAAN MAUT: Ternyata Bus Rukun Sayur Lolos Uji Kir
Kecelakaan bus Rukun Sayur di Tol Palikanci, Selasa (14/7/2015) - Antara
Bagikan

Bisnis.com, KARANGANYAR--Bus Rukun Sayur yang mengalami kecelakaan di ruas tol Palikanci (Palimanan-Kanci) ternyata sudah menjalani uji kelaikan atau kir. Terakhir kali, bus tersebut diuji pada 8 Juli 2015 dan dinyatakan dalam kondisi bagus.

"Secara fisik bus tersebut memang layak jalan," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar Agus Cipto Waluyo, Kamis (16/7/2015). Uji yang dilakukan pada saat itu telah sesuai prosedur, termasuk pengujian rem maupun roda.

Bus tersebut masuk ke tempat pengujian sepekan sebelum kecelakaan itu terjadi. "Seharusnya kondisinya tidak jauh berubah," kata Agus seperti dikutip dari Tempo.co. Sebagai catatan, kendaraan angkutan umum wajib menjalani uji kelaikan setiap enam bulan.

Menurut Agus, bus tersebut memiliki trayek reguler Solo-Tawangmangu. "Jika lebaran memang biasanya digunakan untuk mengangkut penumpang ke Jakarta," katanya. Hal tersebut memang diperbolehkan selama pemiliknya mengajukan izin insidentil.

Hanya saja Agus mengaku tidak tahu menahu apakah bus tersebut sudah memiliki izin insidentil. "Sebab izin itu dikeluarkan oleh provinsi," katanya. Izin itu wajib dimiliki oleh bus yang beroperasi di luar trayek reguler.

Kecelakaan maut yang menimpa bus Rukun Sayur terjadi pada Rabu 14 Juli kemarin. Bus itu mengalami kecelakaan di tol Palikanci saat melintas dari Jakarta menuju Jawa Tengah. Kecelakaan tersebut merenggut nyawa 11 penumpangnya.

Belakangan diketahui bahwa bus tersebut dikemudikan oleh keneknya, Sularto, warga Karanganyar, Jawa Tengah. Seusai kejadian, Sularto sempat melarikan diri. Namun kemudian dia menyerahkan diri ke Polres Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kecelakaan
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top