Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik Lebaran 2015: Stok BBM di Kilang Pertamina RU III Plaju Aman

PT Pertamina (Persero) Refinery Unit III menjamin stok bahan bakar minyak di kilang cukup untuk memenuhi peningkatan kebutuhan masyarakat dalam menghadapi mudik Lebaran tahun ini.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 10 Juli 2015  |  20:07 WIB
Ilustrasi - Antara/Widodo S. Jusuf
Ilustrasi - Antara/Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, PALEMBANG -- PT Pertamina (Persero) Refinery Unit III menjamin stok bahan bakar minyak di kilang cukup untuk memenuhi peningkatan kebutuhan masyarakat dalam menghadapi mudik Lebaran tahun ini.

Mahendrata Sudibja, General Manager Pertamina Refinery Unit (RU) III, mengatakan pihaknya sudah menyediakan stok cukup banyak di kilang hingga saat ini.

"Jadi tidak perlu khawatir karena suplai BBM dari kami ke bagian pemasaran aman dan mencukupi kebutuhan masyarakat," katanya kepada wartawan, Kamis (9/7/2015).

Dia mengemukakan RU III akan memenuhi berapa pun jumlah pasokan yang diminta oleh Pertamina bagian Pemasaran (MOR) II. Biasanya, peningkatan konsumsi bisa mencapai 28% dari kondisi normal.

Mahendrata memaparkan saat ini stok di kilang Plaju yang siap dilifting, meliputi premium sebanyak 129.000 barrel, pertamax 13.000 barrel.

Adapun total stok premium untuk kebutuhan di Sumbagsel mencapai 250.000 barrel, pertamax sebanyak 45.000 barrel, kerosin 10.000 barrel dan solar sebanyak 410.000 barrel.

Tak hanya itu, RU III juga sudah menyiapkan stok avtur yang mencapai 40.000 barrel di kilang.

Sementara itu berdasarkan catatan Pertamina MOR II, konsumsi normal premium di Sumsel mencapai 2.100 kiloliter (kl) per hari, untuk konsumsi solar normalnya sebanyak 1.300 kl per hari.

Terkait produksi olahan sendiri, Mahendrata melanjutkan, hingga kini masih stabil di kisaran 90.000 barrel minyak per hari.

Dia mengemukakan saat ini suplai minyak mentah ke RU III Plaju tidak hanya berasal dari Sumsel melainkan wilayah lain di luar Sumbagsel.

"Kami dapat suplai lewat pipanisasi maupun ship to ship," katanya.

Saat ini perseroan telah menerima bahan mentah dari Blok Cepu, Tuban dan Dumai.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kilang pertamina Mudik Lebaran 2015
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top