Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

84,77% Masyarakat Sulut Nikmati Subsidi Listrik

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengungkapkan sebagian besar masyarakat di Sulawesi Utara menikmati subsidi listrik.
Petugas PLN/Ilustrasi
Petugas PLN/Ilustrasi

Bisnis.com, MANADO - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengungkapkan sebagian besar masyarakat di Sulawesi Utara telah menikmati subsidi listrik.

Manager Bidang Niaga dan  Pelayanan Pelanggan PLN Sulawesi Utara Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) Priyo Nugroho mengatakan dominasi yang menikmati listrik bersubsidi mencapai 84,77%. "Ini data per 31 Mei 2015," katanya, Senin (6/7/2015).

Dia mengungkapkan pelanggan yang menikmati subsidi listrik tersebut mencapai 1,07 juta pelanggan.

Adapun perinciannya adalah kelompok yang menggunakan daya 450 voltampere (VA) sebanyak 643.286 pelanggan. Angka ini, lanjutnya, meraup porsi 50,02% dari penikmat listrik bersubsidi di Sulawesi Utara.

Sementara itu, sebesar 34,75% dari penikmat listrik bersubsidi di Sulawesi Utara merupakan pelanggan listrik dengan daya 900 VA yang jumlahnya mencapai 440.589 pelanggan.

Di sisi lain, General Manager PLN Suluttenggo Baringin Nababan mengungkapkan pihaknya tidak bisa membatasi pelanggan baru yang ingin menikmati listrik bersubsidi.

"Kami tidak bisa melakukan itu. Tidak ada dasarnya. Karena itu hak masyarakat untuk meminta daya yang mana," katanya.

Namun, lanjutnya, memang untuk pemasangan pelanggan baru di Sulawesi Utara harus menggunakan listrik pintar (token).

Meskipun, pelayanan pemasangan pelanggan baru bisa dilakukan ketika ada penambahan daya pembangkit yang rencananya akan ada penambahan 170 megawatt tahun ini.

"Saat ini, kondisi normal kita defisit 5 megawatt. Akhir tahun akan sedikit lega untuk melayani pelanggan baru," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper