Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dibanding Tahun Lalu, Penumpang Kapal Pelni Naik 2%

PT Pelayaran Nasional Indonesia memperkirakan penumpang kapal mencapai 779.194 orang atau naik sebesar 2% dibandingkan jumlah tahun lalu sebanyak 763.916 orang. Tahun sebelumnya, PT Pelni mengangkut penumpang selama periode lebaran yakni 708.272.
KM Pelni Kelud/JIBI
KM Pelni Kelud/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA—PT Pelayaran Nasional Indonesia memperkirakan penumpang kapal mencapai 779.194 orang atau naik sebesar 2% dibandingkan jumlah tahun lalu sebanyak 763.916 orang. Tahun sebelumnya, PT Pelni mengangkut penumpang selama periode lebaran yakni 708.272.

Corporate Secretary PT Pelni Yahya Kuncoro mengatakan selama periode mudik Lebaran 2015, sejumlah rute kapal mengalami deviasi, rerouting hingga penambahan frekuensi untuk mengantisipasi peningkatan jumlah pemudik. Tahun 2012, PT Pelni mengangkut sebanyal 815.392 orang, untuk 2011 mencapai 718.374 orang dan tahun 2010 hanya 602.359 orang.

“Perubahan rute maupun penambahan frekuensi kapal hanya dilakukan saat periode mudik dan arus balik yakni 2 Juli hingga 2 Agustus saja. Ini juga karena adanya lonjakan penumpang tersebut sehingga dibutuhkan rerouting. Setelah periode itu akan kembali normal,” ucapnya, Senin (29/6).

Dia juga menambahkan untuk mudik kali ini, PT Pelni secara langsung menambah peningkatan jumlah layanan fasilitas penumpang yang dapat dinikmati secara gratis. Sejumlah kapal telah dilengkapi dengan keberadaan mini market, sinyal GSM dan fasilitas wi-fi.

“Kami akan terus meningkatkan kenyamanan penumpang kapal dan keamanan tetap menjadi prioritas kami sebagai perusahaan angkutan penumpang laut,” jelasnya.

Selan itu, Yahya menerangkan dari sisi kajian makan bagi penumpang, terhitung tahun ini penumpang PT Pelni khususnya kelas ekonomi akan mendapatkan makanan yang disajikan dalam kemasan benti yang terdiri dari lauk pauk dan ayur mayur juga dilengkapi produk suplemen tambahan berupa susu.

Direktur Utama PT Pelni Elfien Guntoro menambahkan pihaknya telah bekerjasama dengan Aerofood Garuda dalam menghidangkan makanan di kapal. PT Pelni juga sudah membeli mesin pemanas makanan (oven) untuk memanaskan makanan yang diambilnya dari Aerofood Garuda tersebut.

“Walaupun kelas ekonomi tetapi tidak lagi seperti barak nanti ada kateringnya walaupun terbuka. Sekitar Juli, masyarakat bisa menikmati makanan seperti di pesawat. Kami sudah kontrak kerjasama dengan. Kami juga sudah pesan oven untuk pemanas,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Atiqa Hanum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper