Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perkuat Struktur Modal, Pelindo IV Aksi Korporasi pada 2018

PT Pelabuhan Indonesia IV memastikan bakal melakukan aksi korporasi pada 2018 mendatang untuk memperkuat struktur modal perseroan dalam pengembangan pelabuhan kelolaan.
Pelindo IV/Ilustrasi
Pelindo IV/Ilustrasi

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia IV memastikan bakal melakukan aksi korporasi pada 2018 mendatang untuk memperkuat struktur modal perseroan dalam pengembangan pelabuhan kelolaan.

Direktur Keuangan Pelindo IV Budi Revianto mengatakan opsi penerbitan surat utang (obligasi) kemungkinan besar bakal dilakukan perseroan dibandingkan dengan penawaran saham perdana (initial public offering/IPO).

"Tetapi itu masih tergantung pasar nantinya, sehingga sebenarnya belum final, apakah obligasi atau justru kita IPO 2018. Masih kita kaji lebih mendalam lagi," katanya, Senin (22/6/2015).

Menurutnya, aksi koroporasi baru bisa dilakukan pada 2018 mengingat dalam tiga tahun ke depan perseroan masih berfokus pada sejumlah proyek pembangunan dan pengembangan pelabuhan kelolaan.

Selain itu, Pelindo IV juga baru menarik pinjaman perbankan pada tahun ini sehingga untuk menjaga kinerja keuangan perseroan, aksi korporasi diputuskan bakal dilakukan 2018.

"Belanja investasi kami hingga 2018 mendatang cukup besar dengan kebutuhan secara keseluruhan mencapai Rp7 triliun, setelah itu berlanjut lagi pada realisasi pengembangan lainnya," papar Budi.

Adapun, pada tahun ini perseroan memprioritaskan pengembangan sembilan pelabuhan kelolaan yang mencakup peningkatan kapasitas pelayanan bongkar muat serta revitalisasi terminal penumpang.

Selain itu, perseroan juga pada 2015 ini memulai mega proyek Makassar New Port tahap IA, di mana proyek tersebut memperoleh komitmen fasilitas pinjaman dari Bank Mandiri dengan total mencapai Rp3 triliun.

Secara keseluruhan, pembangunan MNP yang sebelumnya telah di-grooundbreaking oleh Presiden Jokowi pada 22 Mei lalu, diperkirkan bakal menelan investasi mencapai Rp8,5 triliun.

Pengerjaan fisik MNP dibagi dalam dua tahapan utama dengan kapasitas 3,5 juta TEU's, di mana memperkuat kapasitas eksisting Pelabuhan Makassar sebesar 700.000 TEU's.

Sementara itu, perseroan telah memulai pembangunan MNP tahap pertama fase A yang diperkirakan menelan investasi sebesar Rp1,8 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper