Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Technoprak Cimahi Diharapkan Ungkit Technopreneur

Pemkot Cimahi, Jawa Barat berharap keberadaan technopark menjadi daya ungkit untuk menggairahkan kembali peran Baros Information Technology Creative (BITC) sebagai inkubator, sebagai sarana pengembangan animator dan techno-enterpreneur.

Bisnis.com, CIMAHI—Pemkot Cimahi, Jawa Barat berharap keberadaan technopark menjadi daya ungkit untuk menggairahkan kembali peran Baros Information Technology Creative (BITC) sebagai inkubator, sebagai sarana pengembangan animator dan techno-enterpreneur.

Seperti diketahui, pada Kamis 7 Mei 2015 Pemkot Cimahi telah melakukan penandatanganan kerjasama bersama dengan beberapa daerah lainnya dalam hal ini Kota Cimahi ditetapkan sebagai satu dari sembilan taman sains dan teknologi atau Science and Techno Park (STP) yang berada dibawah binaan BPPT.

Perjanjian kerjasama antara BPPT-RI selaku pendamping ini diselenggarakan dengan beberapa SKPD terkait yaitu Bappeda, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Diskopindagtan, KAPPDE dan KPPT.

Sebagai tindak lanjutnya, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan membina Kota Cimahi untuk mewujudkan Cimahi Technopark di sejumlah sektor seperti pangan lokal, kerajinan, tekstil batik dan industri animasi kreatif.

Walikota Cimahi Atty Suharti mengatakan, tujuan pembangunan technopark adalah untuk mengembangkan daerah. Di mana di dalamnya ada satu area kegiatan ekonomi yang bisa memberi manfaat dan nilai lebih bagi daerah.

"TechnoPark Cimahi membutuhkan keterlibatan aktif pemerintah, akademisi, dunia usaha dan mahasiswa. Fungsi BPPT adalah menyediakan pendampingan, teknologi, pelatihan yang sangat dibutuhkan di suatu daerah," katanya, kepada Bisnis, Jumat (19/6/2015).

Adapun design kawasan yang tengah dirancang untuk Technopark Cimahi ini sepenuhnya memperhatikan prinsip keberlanjutan dan kaidah-kaidah lingkungan hidup.

Itulah mengapa dari seluruh total kawasan technopark seluas kurang lebih satu hektar ini, hanya sekitar 30%nya yang akan dibuat bangunan fisik, sedangkan sisanya akan diperuntukkan untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Keberadaan Technopark ini akan menopang berbagai langkah upaya Pemkot Cimahi untuk mengoptimalkan pembangunan sumber daya manusia salah satunya adalah keberadaan dari Akademi Komunitas Negeri (AKN) yang kampusnya terletak di gedung Baros Information Technology and Creative (BITC).

Ke depan BITC justru dituntut untuk membawa Indonesia ke pergaulan global di industri kreatif dunia, khususnya film dan animasi. Berkenaan dengan aspek lingkungan hidup, selama tahun 2015 ini, Cimahi sedang terus menata sanitasi lingkungan, meskipun memang masih banyak kekurangan.

Setidaknya, Buku Putih Sanitasi dan Strategi Sanitasi Kota Cimahi yang semuanya telah rampung pada tahun 2012 lalu kini sudah banyak dijadikan rujukan oleh daerah-daerah lain. Salah satu program unggulan yang sedang dijalankan adalah Kelurahan ODF (Open Defecation Free / Bebas Buang Air Besar Sembarangan).

Selanjutnya, agar diakhir tahun tidak banyak menyisakan hutang pekejaan yang dapat membebani kelangsungan program pembangunan di tahun berikutnya, maka pada pertengahan tahun 2015 ini, pihaknya terus bergegas untuk menyelesaikan berbagai program dan kegiatan yang belum terealisasikan.

Berbagai tanggapan dan harapan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Kota Cimahi yang perlu ditingkatkan, baik menyangkut bidang infrastruktur, pelayanan publik, pendidikan dan kesehatan serta ekonomi dan daya beli masyarakat tentunya akan menjadi prioritas utama di sisa tahun anggaran 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hedi Ardhia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper