Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungan Kapal di Pelabuhan Semayang Balikpapan Turun 35%

Penurunan kunjungan kapal dan aktifitas kargo yang ditaksir mencapai 35% di Pelabuhan Semayang berdampak pada realisasi pendapatan PT Pelindo IV Balikpapan pada kuartal pertama tahun ini.
Pelabuhan Semayang. /yukpergi.com
Pelabuhan Semayang. /yukpergi.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Penurunan kunjungan kapal dan aktifitas kargo yang ditaksir mencapai 35% di Pelabuhan Semayang berdampak pada realisasi pendapatan PT Pelindo IV cabang Balikpapan pada kuartal pertama tahun ini.

General Manager PT Pelindo IV Balikpapan, M.Subiyan mengatakan penurunan ini merupakan imbas dari lesunya bisnis pertambangan migas dan batu bara yang menjadi sektor industri unggulan di kota tersebut.

“Pada kuartal pertama tahun ini target untuk kargo itu 2.249 kol, tapi hingga akhir kuartal realisasinya kurang lebih hanya 75% saja. Ini sudah termasuk aktifitas bongkar muat di Lawe-lawe, Kampung Baru, Grogot dan dermaga khusus lainnya,” katanya , Jumat (12/6).

Dia mengatakan kapal-kapal yang masuk dan keluar dari pelabuhan itu seringkali membawa kargo berisi barang-barang sejenis, seperti semen dan barang-barang supply base offshore pertambangan. Sehingga, menurunnya industri pertambangan berdampak langsung terhadap kunjungan kapal di pelabuhan.

Subiyan pun mengaku jumlah penumpang di Pelabuhan Semayang juga menurun seiring dengan beralihnya minat dan pilihan masyarakat dari penggunaan moda transportasi laut ke moda transportasi udara.

"Menurunnya kunjungan kapal dan aktifitas kargo tersebut berbanding lurus dengan realisasi pendapatan. Sebab, jasa pelayanan kapal merupakan penyumbang utama pendapatan perseroan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper