Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahun Ini, Realisasi Investasi di Kab. Bogor Diprediksi Melemah

Realisasi investasi di Kabupaten Bogor pada tahun ini diperkirakan cenderung lebih rendah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pencapaian investasi hingga mendekati akhir semester I/2015 baru menyentuh Rp1,6 triliun.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BOGOR - Realisasi investasi di Kabupaten Bogor pada tahun ini diperkirakan cenderung lebih rendah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pencapaian investasi hingga mendekati akhir semester I/2015 baru menyentuh Rp1,6 triliun.

Pemerintah Kabupaten Bogor dinilai harus mengejar ketertinggalan investasi sebesar Rp2,9 triliun hingga akhir tahun sesuai angka investasi yang telah ditargetkan sepanjang 2015 mencapai Rp4,5 triliun.

Yani Hasan, Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Satu Pintu Kabupaten Bogor, mengatakan kendati realisasi investasi baru mencapai sekitar 35,5% dari yang ditargetkan, pihaknya optimistis hingga akhir tahun target tersebut akan tercapai.

"Kami selalu optimistis dan pasti selalu akan tercapai meski hingga mendekati semester pertama baru menyentuh Rp1,6 triliun," ujarnya kepada Bisnis.com, Rabu (10/6/2015).

Yani menuturkan pihaknya akan terus berupaya mengevaluasi apa saja yang harus dilakukan guna mengejar target realisasi investasi di Kabupaten Bogor, salah satunya memastikan pihak yang sebelumnya telah berencana menanamkan modal di daerah tersebut.

Menurutnya, Kabupaten Bogor merupakan termasuk dalam lima terbesar di Jawa Barat yang mencatatkan angka investasi daerah terbaik setelah Bekasi, Purwakarta Kabupaten Sukabumi dan Karawang. Untuk saat ini, lanjutnya, beberapa pihak yang sudah merencanakan investasi di Kabupaten Bogor hingga akhir tahun mencapai Rp6,3 triliun.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanaman Modal Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bogor Joner Kalixtus Marpaung mengatakan rincian realisasi investasi hingga Mei untuk besaran penanaman modal asing (PMA) mencapai Rp150.14 miliar dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) mencapai Rp1,5 triliun.

Menurutnya, realiasasi PMA disumbang oleh sektor industri, barang dari karet dan plastik. Adapun untuk PMDN, lanjutnya, kontribusinya sebagian besar berasal dari sektor pedagangan dan jasa.

Dia menuturkan untuk realisasi investasi tahun lalu, Kabupaten Bogor mencapai Rp12,9 triliun terdiri dari PMA Rp5,03 triliun dan PMDN mencapai Rp7,89 triliun. Tahun kemarin, kata dia, realisasi serapan tenaga kerja mencapai 28.057.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper