Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persiapan Mudik: Penanganan Jalur Pantura Capai 90%

Pemerintah menyatakan proses penanganan jalur pantai utara Jawa dalam rangka persiapan mudik Lebaran telah mencapai 90% dengan serapan anggaran sekitar Rp220 miliar.
Sisa pekerjaan berat akan kami kejar setelah Lebaran. /Bisnis.com
Sisa pekerjaan berat akan kami kejar setelah Lebaran. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menyatakan proses penanganan jalur pantai utara Jawa dalam rangka persiapan mudik Lebaran telah mencapai 90% dengan serapan anggaran sekitar Rp220 miliar.

Direktur Bina Pelaksana Wilayah II Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Adriananda mengatakan penanganan yang dilakukan sejauh ini adalah pemantapan badan jalan, perbaikan sejumlah kerusakan, pemasangan rambu-rambu dan marka jalan.

Menurutnya, untuk jalur Pantura Jawa Barat sejauh ini tidak begitu banyak pekerjaan berat yang dilakukan. Pekerjaan lebih banyak difokuskan di Jawa Tengah, dengan pertimbangan belum siapnya jalan tol sebagai jalur alternatif di wilayah tersebut. Selain itu, kondisi kemantapan jalan pun Pantura Jawa Barat berada pada kondisi yang lebih baik.

“Untuk seluruh Pantura, kami melakukan overlay satu-dua lapis di sejumlah bagian untuk memastikan bisa berfungsi baik saat mudik. Sejauh ini progresnya sudah mencapai 85%-90%,” katanya, Minggu (31/5/2015).

Adri memastikan seluruh pekerjaan persiapan jalur mudik lebaran dapat selesai pada pertengahan Juni ini. Hingga saat ini, pihaknya telah berkoordinasi bersama Korlantas dan Dinas Perhubungan Darat untuk melakukan traffic management di sejumlah titik yang berpotensi macet.

“Pada 15 Juni nanti praktis seluruh pekerjaan harus sudah dihentikan agar lalu lintas menjelang Lebaran bisa lancar,” katanya.

Adri mengatakan hingga saat ini penyerapan anggaran  untuk penanganan jalur Pantura baru mencapai 20 % dari DIPA alokasi Pantura tahun ini Rp1,1 triliun, atau sekitar Rp220 miliar.

Penyerapan anggaran tersebut sejauh ini dimanfaatkan untuk memantapkan jalur Pantura agar siap dilalui saat mudik Lebaran. Sejumlah pekerjaan berat konstruksi berupa perbaikan struktur jalan dan jembatan baru akan dilakukan 10 hari setelah Lebaran. Kontraktor pelaksana dan peralatan berat pun telah disiapkan seiring proses lelang yang telah selesai dilakukan.

“Sisa pekerjaan berat akan kami kejar setelah Lebaran. Tapi kami pastikan untuk mudik, kondisi jalan sudah dalam kondisi mantap sehingga bisa dilewati dengan aman,” katanya. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper