Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KKP Bangun 24 Tecknopark Hingga 2019

Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan membangun 24 taman sains dan teknologi atau technopark yang dimulai tahun ini hingga 2019.

Bisnis.com, SEMARANG—Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan membangun 24 taman sains dan teknologi atau technopark yang dimulai tahun ini hingga 2019.

Sebagai tahap awal, BPSDM KP membangun empat technopark di Tegal Jawa Tengah; Banyuwangi Jawa Timur; Bitung, Sulawesi Utara; dan Ambon, Maluku. Sementara 20 technopark sisanya akan dibangun BPSDM KP pada 2016-2019.

Jumlah tersebut merupakan bagian dari pembangunan 100 technopark yang dikoordinir oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Kepala BPSDM KP Suseno Sukoyono mengatakan technopark ini tengah disusun rancangan Instruksi Presiden (Inpres) dan kementerian/lembaga terkait, termasuk KKP.

“Saat ini sedang dalam proses untuk memberikan masukan kepada Sekretariat Kabinet bagi rancangan Inpres tersebut,” terangnya di Solo, Kamis (28/5).

Dia mengatakan pembangunan technopark ini bertujuan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan di sektor kelautan dan perikanan kepada warga dengan usia produktif untuk mengurangi pengangguran.

Selain itu, pembangunan technopark ini untuk mendukung tiga pilar KKP, yang terdiri dari kesejahteraan, keberlanjutan, dan kedaulatan. Adapun Cara pelayanan yang dilakukan meliputi mentoring, supervising, training, networking, exhibition, dan business matching.

Suseno mengatakan kegiatan di technopark terdiri dari pendidikan dan pelatihan untuk menghasilkan tenaga kompeten, adaptasi dan alih teknologi untuk menghasilkan produk inovatif, serta inkubator bisnis guna menghasilkan usaha baru.

“Pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada masyarakat ini tanpa dipungut biaya,” paparnya.

Sementara inkubator bisnisnya meliputi jejaring kerja sama dengan dunia usaha, dunia industri, dan stake holders; pendampingan oleh penyuluh dan Pusat Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP), peningkatan teknologi tepat guna, konsultasi, serta inovasi teknologi dengan pendidikan, penelitian, dan pengembangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ihda Fadila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper