Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Mortar Belum Bisa Tumbuh Signifikan

Industri mortar atau semen pracampur siap pakai dinilai belum bisa tumbuh secara signifikan dengan masih banyaknya pengguna bata merah dan semen konvensional.

Bisnis.com, JAKARTA—Industri mortar atau semen pracampur siap pakai dinilai belum bisa tumbuh secara signifikan dengan masih banyaknya pengguna bata merah dan semen konvensional.

Vice President of Sales Holcim Indonesia Juhans Suryantan mengatakan pertumbuhannya tahun ini diharapkan berkisar 3%-5%.

“Konsumsi mortar beriringan dengan konsumsi bata ringan. Biasanya digunakan di kota besar yang sudah menggunakan bata ringan. Kalau di daerah yang masih menggunakan bata merah, tidak bisa hidup,” ujarnya usai konferensi pers peluncuran produk mortar Holcim, Kamis (21/5).

Dia menjelaskan kebutuhan mortar tahun lalu masih berkisar 1,5 juta ton, dengan nilai pertumbuhan 3%.

Meski demikian, dia optimistis bahwa mortar merupakan produk masa depan yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Dia mengatakan akan ada masanya tren konsumsi tersebut bisa berubah.

“Akan ada satu titik kita akan switch. Di Thailand juga 10 tahun pertama pertumbuhan mortarnya lambat. Kemudian berubah cepat. Indonesia juga sepertinya akan sama,” ujar Juhans.

Dia menambahkan, edukasi pasar perlu dilakukan agar masyarakat paham efisiensi serta dampak lingkungan yang timbul dari menggunakan bahan bangunan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Shahnaz Yusuf
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper