Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Museum Perkebunan Segera Dibangun

Gabungan Perusahaan Perkebunan Indonesia (GPPI) dengan dukungan pemerintah pusat dan daerah akan segera membangun Museum Perkebunan Indonesia (Musperin) di Medan, Sumatera Utara.

Bisnis.com, JAKARTA—Gabungan Perusahaan Perkebunan Indonesia (GPPI) dengan dukungan pemerintah pusat dan daerah akan segera membangun Museum Perkebunan Indonesia (Musperin) di Medan, Sumatera Utara.

Ketua Umum GPPI Sodjai Kartasamita menyampaikan akhir pekan lalu deklarasi pendirian Musperin telah ditandatangani. "Banyak upaya yang telah kami lakukan, tapi kami butuh landasan hukum. Makanya kita membentuk yayasan dan rekeningnya untuk menghimpun donor," jelas Soedjai di Jakarta, Senin (11/5).

Dia menuturkan nantinya Musperin akan dibangun di Pusat Pembangunan Kelapa Sawit (PPKS) di Medan menggunakan gedung yang sudah tersedia. Dalam sepuluh tahun mendatang, perluasan museum akan dilakukan ke area Lembaga Pendudukan Perkebunan Medan.

Untuk membangun museum ini, Soedjai mengaku telah terbang hingga ke Belanda untuk me cari dokumen-dokumen terkait sejarah perkebunan Indonesia. Dia pun menhampaikan museum akan dibangun secara modern sehingga jauh dari kesan membosankan.

Kendati demikian Soedjai mengaku belum dapat mempublikasikan berapa dana yang dibutuhkan untuk membanhjn museum tersebut. Untuk menyumbangkan dana, pendonor dapat menghubungi Yayasan Musperin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper