Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kalbar Pacu Penggemukan 500 Ekor Sapi Kejar Swasembada Daging

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat memulai program penggemukan sapi (feedlot) tahun ini, dengan kapasitas produksi 500 ekor sapi sebagai tujuan swasembada daging di wilayah ini.
Yanuarius Viodeogo
Yanuarius Viodeogo - Bisnis.com 19 April 2015  |  14:54 WIB
Peternakan sapi - Bisnis/Rachman
Peternakan sapi - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, PONTIANAK - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat memulai program penggemukan sapi (feedlot) tahun ini, dengan kapasitas produksi 500 ekor sapi sebagai tujuan swasembada daging di wilayah ini. 

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Kalbar Abdul Manaf mengatakan 500 ekor sapi itu dikelola oleh 10 kelompok peternak dengan masing-masing kelompok memiliki 50 ekor sapi. 

"Ini program baru untuk penggemukan sapi yang kami selenggarakan dengan cara lebih modern dan peternak kemudian hari tidak lagi memberikan makanan untuk sapi dari rumput," kata Manaf, Sabtu (18/4). 

Menurutnya, pakan ternak yang dipakai adalah 31 ton konsentrak, 4.000 stek bahan hijau per 1 hektare dan jerami serta mendapat bantuan uang tunai Rp36 juta per kelompok dari pemerintah pusat. 

Dia mengatakan pihaknya menyediakan pakan tersebut telah disesuaikan dengan standar dan nutrisi protein dan lemak yang bagus untuk perkembangan sapi. 

"Sehingga dengan bantuan dari pemerintah ini, para peternak tidak kesulitan lagi memperoleh pakan ternak karena keterbatasan biaya, bahan baku dan pengetahuan," ujarnya. 

Dengan demikian, Manaf memaparkan pada program kali ini juga pihaknya mendorong para kelompok peternak untuk memanfaatkan penggunaan jerami secara optimal yang salama ini masih dilupakan oleh peternak sebagai sumber protein yang tinggi bagi sapi. 

Manaf berharap penggemukan sapi ini sukses dilakukan selain untuk mengisi kebutuhan konsumsi lokal dan kebutuhan hari raya juga mengajak peternak menjadi pelaku usaha. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

swasembada daging kalbar
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top