Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUU Tapera Jadi Undang-undang Tahun Ini

Setelah masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas), RUU Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) akan selesai dan siap untuk diundangkan pada tahun ini.

Bisnis.com, JAKARTA—Setelah  masuk dalam program  legislasi nasional (prolegnas), RUU Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) akan selesai dan siap untuk diundangkan pada tahun ini.

Anggota DPR dari Fraksi PDIP Yosep Umar Hadi mengungkapkan RUU Tapera  tersebut sempat tertunda untuk dijadikan UU pada DPR periode 2009-2014. Pasalnya, produk legislasi  itu terbentur pada pembahasan satu pasal tentang persentase kewajiban pekerja menyisihkan upahnya.

Pada saat itu, ujarnya berkembang perdebatan soal persentase kewajiban pekerja mulai dari 3%, 5%  hingga 20% antara anggota Dewan dengan pemerintah.

"Pemerintah ingin 20 persen, jadi, akhirnya tertunda sedangkan DPR minta 2% 5% aja,” kata mantan Ketua Pansus Tapera itu di Gedung DPR, Selasa (14/4/2015). Karena RUU itu belum jadi UU, maka harus diajukan lagi kepada DPR sekarang, ujarnya.

Awalnya beberapa anggota saja yang mengajukan agar RUU ini segera dibahas di DPR, namun Badan Legislasi (Baleg) memberi sinyal agar surat diubah untuk mengajukan pembahasan RUU. Pasalnya, semua fraksi sudah mendukung agar RUU ini segera dibahas jadi UU.

“Jika nantinya disetujui di rapat paripurna, maka waktu pembahasan RUU Tapera dengan pemerintah tidak akan lama karena draft RUU lama sudah lengkap sehingga pekerjaannya tidak begitu sulit membahas pasal demi pasal lagi,”  ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper