Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KERETA API (KA): Tiket Lebaran Sudah Bisa Dibeli

Tiket kereta api untuk keberangkatan H-7 Lebaran yang jatuh pada tanggal 10 Juli 2015. Masyarakat bisa melakukan pembelian tiket sejak 11 April 2015 pukul 00.00 WIB.
Stasiun Kereta Api Senen/Antara
Stasiun Kereta Api Senen/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Tiket kereta api untuk keberangkatan H-7 Lebaran yang jatuh pada tanggal 10 Juli 2015. Masyarakat bisa melakukan pembelian tiket sejak 11 April 2015 pukul 00.00 WIB.

Saat ini, pembelian tiket untuk keberangkatan H-5 juga sudah bisa karena sistem pemesanan tiket H-90 sebelum keberangkatan yang diterapkan PT KAI memberi kemudahan bagi masyarakat untuk merencanakan perjalanan jauh hari sebelum keberangkatan.

Direktur Komersial PT KAI Bambang Eko Martono bagi masyarakat yang sudah merencanakan untuk mudik ke kampung halaman merayakan Lebaran dengan menggunakan moda transportasi kereta api, tiket mudik sudah dapat dibeli dengan penghitungan 90 hari sejak hari ini.

“Ada penambahan sekitar 11% dari tahun lalu karena tahun ini ada tambahan KA-KA baru, seperti Jayabaya, Kamandaka, dan Malioboro Ekspres,” ungkapnya di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (13/4/2015).

Dia mengatakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan ketersediaan tiket mudik dan balik Lebaran 2015, PT KAI menambah kapasitas angkut KA jarak jauh dan sedang dari 79.654 seat per hari tahun lalu menjadi 88.676 seat per hari pada tahun ini. Hitungan tersebut baru untuk KA reguler, belum termasuk KA tambahan lebaran dan KA lokal.

Kepada masyarakat yang telah berhasil melakukan pembelian tiket via channel eksternal, PT KAI mengimbau untuk segera melakukan pencetakan tiket di mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM) yang tersedia di stasiun. “Hal ini untuk menghindari hilangnya struk pembayaran dan antrian panjang pencetakan tiket menjelang keberangkatan KA,” tambah Bambang.

Pembelian tiket KA, jelasnya, dapat dilakukan di semua channel penjualan tiket seperti Contact Center 121, tiket.kereta-api.co.id, aplikasi KAI Access pada ponsel, minimarket, kantor pos, pegadaian, agen resmi tiket KA, dan mesin e-Kiosk yang terdapat di stasiun Gambir, Bogor, Bekasi, Jatinegara, Manggarai dan Bandung.

Sementara itu, EVP Information System PT KAI Mukti Jauhari menerangkan untuk mengantisipasi tingginya traffic pembelian tiket pada Rail Ticketing System (RTS), beberapa persiapan telah dilakukan oleh PT KAI, di antaranya dengan melakukan penambahan bandwidth dari 80 Mbps menjadi 120 Mbps, meningkatkan kapasitas backend server ticketing sebesar tiga kali lipat dibanding kapasitas tahun lalu dan melakukan peningkatan security system.

“Dengan peningkatan fasilitas dari segi teknologi informasi (TI) ini diharapkan dapat semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan pembelian tiket KA,” ungkapnya.

Selain itu, untuk memaksimalkan pelayanan pada Contact Center 121, PT KAI juga melakukan penambahan personil operator terutama pada waktu-waktu puncak pemesanan tiket yakni pukul 00.00 WIB sampai dengan 06.00 WIB dari 10 orang menjadi 50 orang. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper