Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cathay Group Raih Laba HK$3,1 Miliar di 2014

Cathay Pacific Group meraih laba sebesar HK$3,1 miliar pada 2014 meningkat dibandingkan capaian tahun sebelumnya yakni sebesar HK$2.620 juta.
Cathay Pacific Airline. /Bisnis.com
Cathay Pacific Airline. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Cathay Pacific Group meraih laba sebesar HK$3,1 miliar pada 2014 meningkat dibandingkan capaian tahun sebelumnya, yakni sebesar HK$2.620 juta.

Dalam rilis yang diterima Bisnis.com, Senin (23/3/2015), pada semester pertama 2014, kinerja Grup dipengaruhi oleh harga bahan bakar yang tinggi, penurunan yield penumpang serta penurunan yang berkelanjutan dan kelebihan kapasitas di pasar kargo. Bisnis menjadi lebih baik di semester kedua 2014.

Pendapatan dari penumpang untuk Cathay Pacific dan Dragonair pada 2014 meningkat sebesar 5,4% menjadi HK$75.734 juta dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kapasitas meningkat 5,9% sebagai hasil dari peluncuran rute baru ke Doha dan Manchester dan peningkatan frekuensi pada beberapa rute.

Tingkat keterisian meningkat 1,1 poin menjadi 83,3% dan jumlah penumpang yang diangkut meningkat 5,5% menjadi 31,6 juta. Yield menurun 1,8% menjadi HK67,3 sen meskipun terjadi peningkatan di semester kedua dibandingkan semester pertama.

Setelah masa penurunan yang berkepanjangan, permintaan kargo mulai membaik pada musim panas 2014 dan sangat kuat di kuartal keempat. Pendapatan kargo Grup pada 2014 meningkat sebesar 7,3% menjadi HK$25.400 juta dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kelebihan kapasitas di pasar kargo udara memberikan tekanan pada harga di semester pertama 2014. Yield untuk setahun penuh bagi Cathay Pacific dan Dragonair menurun 5,6% menjadi HK$2,19, meskipun terjadi peningkatan permintaan kargo di semester kedua. Kapasitas meningkat sebesar 10,4%.

Sementara itu, tingkat isian meningkat sebesar 2,5 poin persentase menjadi 64,3%. Kapasitas dikelola sesuai dengan permintaan pada semester pertama namun jadwal kargo yang hampir penuh sebagian besar dioperasikan pada semester kedua. Terminal kargo Cathay Pacific yang baru bekerja secara efektif pada tahun pertama beroperasi dan membuat operasi kargo Grup lebih efisien.

Chairman Cathay Pacific John Slosar mengatakan capaian 2014 cukup menggembirakan tren positif tersebut berlanjut di kuartal pertama tahun ini. Pihaknya berharap capaian positif ini bisa berlanjut hingga penghujung 2015. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper