Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RAPP Siap Bantu Tangani Kebakaran Hutan di Riau

PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menyatakan kesiapannya berkolaborasi dengan pemerintah dalam mengahdapi ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada tahun ini.
Kebakaran hutan, kabut asap, kebakaran hutan riau
Kebakaran hutan, kabut asap, kebakaran hutan riau

Bisnis.com, PEKANBARU-- PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menyatakan kesiapannya berkolaborasi dengan pemerintah dalam mengahdapi ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada tahun ini.

Presiden Direktur RAPPTony Wenas menyatakan perusahaan telah bekerja sama dengan pemerintah dan pihak-pihak terkait dalam membantu pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan di Riau. 

"Kami sudah membantu memadamkan api di area masyarakat pada 25 Februari lalu, di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis.  Perusahaan mengerahkan 2 heli untuk melakukan 30 sorti water booming dan api sudah berhasil dipadamkan. " ujarnya dalam keterangan tertulis kepada Bisnis.com,  Selasa (3/3). 

RAPP memiliki pusat komando untuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan yang siap merespon potensi timbulnya api di seluruh lahan hutan tanaman industri (HTI) perusahaan dan lahan masyarakat di sekitar konsesinya. Upaya pengendalian termasuk pemantauan di darat dan udara, termasuk memonitor titik panas dengan satelit yang dikaitkan dengan teknologi FDRS (fire danger rating system) guna memitigasi dan mendeteksi sedini mungkin bahaya kebakaran lahan.  

Perusahaan akan meningkatkan cadangan air di kanal dengan mengatur tata kelola air yang menggunakan teknologi ekohidro guna pencegahan awal.  "Perusahaan juga menyiagakan 700 Tim Reaksi Cepat Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran termasuk 630 anggota Masyarakat Peduli Api (MPA)," tambah Tony Wenas

Sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengungkapkan kerjasama yang terjalin antara korporasi, aparat pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan sudah semakin baik. Meski demikian, kewaspadaan tetap harus dibangun mengingat ancaman kebakaran masih belum mencapai puncaknya.

“Bagus. Kerjasama koorporasi seperti di Riau, dengan pasukan manggala agni, aparatur di daerah dan masyarakat untuk pengendalian kebakaran semakin baik,” kata Siti Nurbaya di Jakarta, Senin (2/3).

Dia kembali mengingatkan agar setiap perusahaan harus memiliki SDM dan peralatan yang memadai untuk pengendalian kebakaran. Siti juga meminta perusahaan mengidentifikasi areal yang berpotensi konflik dan terdapat aktivitas masyarakat yang bisa mengakibatkan kebakaran.

"Perusahaan bisa menggandeng masyarakat dengan pola kemitraan agar kebakaran bisa dicegah," kata Menteri Siti.

Siti kembali mengingatkan setiap perusahaan untuk memiliki SDM dan peralatan yang memadai untuk pengendalian kebakaran agar antisipasi berjalan maksimal. 

Dia juga meminta perusahaan mengidentifikasi areal yang berpotensi konflik dan terdapat aktivitas masyarakat yang bisa mengakibatkan kebakaran. "Perusahaan bisa menggandeng masyarakat dengan pola kemitraan agar kebakaran bisa dicegah," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper