Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabupaten Magelang Bertekat Jadi Sentra Benih Ikan

Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, bertekad menjadi sentra pembenihan ikan untuk membantu mencukupi kebutuhan petani dalam membudidayakan ikan konsumsi.
Ikan mas. /Bisnis.com
Ikan mas. /Bisnis.com

Bisnis.com, MAGELANG - Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, bertekad menjadi sentra pembenihan ikan untuk membantu mencukupi kebutuhan petani dalam membudidayakan ikan konsumsi.

"Melalui Balai Benih Ikan (BBI) I Sawangan, BBI II Sawangan, dan BBI Grabag serta usaha pembenihan rakyat kami ke depan bertekat mewujudkan Kabupaten Magelang sebagai sentra pembenihan ikan," kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, Sri Hartini di Magelang, Selasa (24/2/2015).

Ia menyebutkan melalui ketiga BBI tersebut pada 2014 berhasil memproduksi benih ikan sekitar 1,2 ekor.

Selain itu, Pemkab Magelang terus berusaha meningkatkan produksi ikan konsumsi, pada 2014 produksinya mencapai sekitar 15.000 ton. "Budi daya ikan konsumsi, terutama ikan lele dan nila dilakukan melalui usaha mina padi dan kolam pekarangan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan konsumsi ikan di masyarakat terus meningkat, karena harga daging mahal maka kebanyakan beralih ke ikan. "Prospek budi daya ikan cukup bagus, dari segi harga stabil dan mudah didapat," katanya.

Ia mengatakan Disperikan Kabupaten Magelang saat ini mencoba membudidayakan ikan beong yang merupakan ikan jenis lokal hidup di perairan umum dan banyak diminati masyarakat. "Kami sudah berhasil memijahkan benih ikan beong di kolam dan beberapa waktu lalu benihnya ditebar di Sungai Elo," katanya.[]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper