Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Investasi Amerika: Sejumlah Sektor Ini Bakal Diincar Investor AS

Pemerintah Amerika Serikat optimistis untuk terus meningkatkan investasi dan nilai ekspor-impor dengan Indonesia sepanjang tahun ini.
Dara Aziliya
Dara Aziliya - Bisnis.com 22 Januari 2015  |  23:15 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Amerika Serikat optimistis untuk terus meningkatkan investasi dan nilai ekspor-impor dengan Indonesia sepanjang tahun ini, seiring keyakinan para pelaku bisnis AS atas upaya Indonesia mempermudah birokrasi dan perizinan.

Principal Deputy Assistant Secretary Bureau of Economic and Business Affairs, orang nomor dua di Kemenkeu AS, Kurt Tong menyampaikan kalangan pemerintah dan sektor swasta AS menilai saat ini merupakan saat tepat untuk menggenjot investasi di Indonesia mengingat AS terus mengalami pemulihan dan pemerintah Indonesia berkomitmen memperbaiki iklim investasi.

"Sektor infrastruktur masih menjadi sasaran utama. Namun kami tetap memperkuat investasi di area lain seperti sektor maritim, transportasi, infrastruktur energi, dan manufaktur," jelas Tong di Jakarta, Kamis (22/1/2015).

Dalam penjelasannya, Tong menyampaikan dia berharap Pemerintahan Jokowi tidak akan melupakan hal-hal mendetil untuk meningkatkan investasi seperti kemudahan perizinan dan birokrasi, transparansi, penegakan peraturan terkait, dan mengedepankan keterbukaan komunikasi antara pemerintah dan investor.

Dalam pidato tahunannya yang dipaparkan Selasa (20/1) lalu, Presiden AS Barack Obama mengungkapkan optimismenya pada pemulihan indikator-indikator ekonomi Negeri Paman Sam seperti tingkat pengangguran, situasi finansial, bujet pemerintah, dan pertumbuhan yang bergerak kian positif.

Para ekonom dan analis pun kerap menyampaikan AS akan menjadi satu-satunya mesin pendorong pertumbuhan global tahun ini, setelah Eropa dan Jepang masih bergulat dengan deflasi, China tumbuh melambat, dan India dan emerging market lain masih disibukkan dengan permulaan implementasi reformasi struktural.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top