Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HARGA BATU BARA: 2015 Bakal Naik

Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) optimistis harga batubara akan terkerek naik pada 2015, kendati harga minyak mentah diperkirakan tetap rendah.
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 22 Januari 2015  |  21:06 WIB
Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) optimistis harga batubara akan terkerek naik pada 2015, kendati harga minyak mentah diperkirakan tetap rendah. - JIBI
Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) optimistis harga batubara akan terkerek naik pada 2015, kendati harga minyak mentah diperkirakan tetap rendah. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Pertambangan Batu bara Indonesia (APBI) optimistis harga batu bara akan terkerek naik pada 2015, kendati harga minyak mentah diperkirakan tetap rendah.

Ketua APBI Bob Kamandanu mengatakan untuk menaikkan harga batu bara, pihaknya mengaku pelaku usaha memiliki cara khusus yakni menjual harga batu bara di atas harga pasar dan harga batu bara acuan [HBA] yang ditetapkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

"Harga jual batu bara akhirnya berdasarkan kesepakatan antara penjual dengan pembeli," katanya, Kamis (22/1/2015).

Dia mengungkapkan pembeli tidak mempermasalahkan harga  di atas harga pasar karena pembeli juga membutuhkan pasokan batu bara. Sementara, di sisi lain, para penjual batu bara juga membutuhkan harga yang lebih kompetitif agar industri ini bisa bertahan.

"Pembeli mau mengerti kondisi itu, sehingga tidak ada masalah," ujarnya.

Dia mencontohkan ada salah satu perusahaan yang menjual batu baranya ke pasar India dengan harga 10% di atas harga pasar. Namun, tak ada keluhan dari pembeli, karena kedua pihak saling mengerti.

Bob berharap pemerintah juga mendukung upaya yang tengah dilakukan asosiasi untuk menaikkan harga batu bara melalui pemangkasan produksi. Dia menilai dengan target produksi batu bara nasional pada tahun ini sebesar 425 juta ton belum bisa mengerek harga batu bara secara signifikan.

"Paling tidak harus ada 50 juta ton yang dihilangkan di pasar sehingga suplai tidak terlalu besar," ujarnya

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batu bara
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top