Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Berkebun Hidroponik di Rumah

Lahan yang sempit di pekarangan rumah, bukan halangan bagi para penggemar bercocok tanam. Teknik hidroponik bisa menjadi alternatif menanam berbagai macam sayur dan tetap memiliki waktu bersama keluarga di rumah

Bisnis.com, PONTIANAK – Lahan yang sempit di pekarangan rumah, bukan halangan bagi para penggemar bercocok tanam. Teknik hidroponik bisa menjadi alternatif menanam berbagai macam sayur dan tetap memiliki waktu bersama keluarga di rumah.

Alexander Mering, misalnya, warga Kota Pontianak Timur ini, sudah dua bulan menanam aneka jenis sayur di teras hingga belakang rumahnya. Tak satu jengkal pun lahan dibiarkannya kosong.

Di teras rumahnya, streofoam-streofoam bekas disusunnya rapi menjadi medium bagi benih-benih sawi keriting, seledri, dan sayur kucai, kangkung, cabai dan tomat. Kini, tak kurang dari satu bulan, sayur-sayur itu sudah bisa siap dipanen oleh Mering dan kedua anaknya. 

"Itu sawi keriting siap saya panen, umurnya kira-kira antara 3 hingga 4 minggu baru bisa dipetik," kata Mering kepada Bisnis, Sabtu (17/1).

Sementara, sayuran lainnya perlu menunggu waktu lagi, setidaknya 1 hingga 2 minggu baru dipanen. Ada pula sayur lainnya, yang sedang dalam masa penyemaian.

Sebelumnya, Mering menyulap lahan-lahan kosong di depan, samping, dan belakang rumahnya untuk ditanami sayuran dan budi daya ikan, dengan menggabungkan teknik aquaponik.

Sudah 2 tahun belakangan, pekarangan rumah pria yang bekerja sebagai konsultan pemberdayaan masyarakat di salah satu NGO asal  Amerika Serikat ini, dipenuhi sayur-sayuran hijau, kolam ikan mas, nila dan lele. 

Selanjutnya, dia mencoba hal baru yaitu metode hidroponik sebuah sistem pola tanam yang menurutnya, sangat mudah dilakoni dan tidak menguras kantong. 

Medium-medium pendukung untuk menanam pun mudah diperoleh dari lingkungan sekitar rumah. Misalnya, gelas plastik mineral, stereofoam bekas, plastik bekas es krim.

"Ini, dua stereofoam bekas, saya bikin untuk 12 pokok sawi keriting. Dudukkan sawinya pakai plastik bekas es krim," katanya menunjukkan kepada Bisnis. 

Ini yang menarik, menurutnya, metode itu bisa tanpa memerlukan tanah. Apabila, menanam sayur konvensional, biasanya tanah adalah unsur yang paling utama dan tidak bisa dipisahkan dengan unsur lainnya.

Namun, Mering mengatakan dengan metode hidroponik cukup dengan pasir, sabut kelapa atau disebut kokopit, arang sekam, dan sedikit pupuk buatan yang dilarutkan dalam air. "Bibit dan pupuk bisa dibeli di toko-toko pertanian," tuturnya.

Hal serupa juga dilakukan oleh petani sayur lainnya yaitu Nurdiansyah. Bahkan pria yang bekerja sebagai supir untuk salah satu apotik di Kota Pontianak ini, memiliki sesi kelas sendiri guna mengajarkan para pemulung sampah menanam sayur dengan metode hidroponik.

"Saya tertarik membagi ilmu menanam cara hidroponik sebagai sarana edukasi kepada pemulung," kata Nurdiansyah.

Tak hanya kepada para pemulung saja, dia juga mengajarkan menanam sayur di pekarangan rumah tersebut.

Nurdiansyah menuturkan memulai menanam sayur dengan metode itu sejak 6 bulan yang lalu. 

Perlahan, dia juga sudah mengajak warga di kompleks perumahannya untuk melatih menanam sayur dengan metode hidroponik. "Siapa pun bisa hanya dengan botol bekas air mineral ukuran 600 mililiter atau 1,5 liter, kita sudah bisa berhidroponik ria," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper